Breaking News:

Guru Berkarya

Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

SD tersebut termasuk salah satu sekolah yang diminati oleh masyarakat di desa Karangwotan.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Hadi Pramono SPd, Kepala SDN Karangwotan 03 Pati 

Oleh: Hadi Pramono SPd, Kepala SDN Karangwotan 03 Pati

PENDIDIKAN merupakan usaha sadar dan terencana yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa serta bertujuan untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki siswa.

Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tertuang pada UU No. 20 Tahun 2003 pada Bab II pasal 3. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut, tentunya tidak dapat terlepas dari mutu pendidikan.

Mutu pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah. Untuk meningkatkan mutu pendidikan juga tidak dapat terlepas peran seorang kepala sekolah sebagai pemimpin di satuan pendidikan.

Hal ini selaras dengan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah yang tercantum pada Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 dan mengacu kepada Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan sekolah yang meliputi perencanaan program, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, dan sistem informasi yang hendaknya dilaksanakan dengan baik sebagai pertanggungjawaban kinerja kepala sekolah.

Gaya kepemimpinan kepala sekolah sangatlah penting, karena hal ini berkaitan dengan bagaimana kepala sekolah menjalankan tugas dan fungsinya.

Termasuk didalamnya peran kepala sekolah dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya.

Berdasarkan faktanya, mutu pendidikan di SD Negeri Karangwotan 03 sudah dapat dikatakan bagus, namun masih perlu untuk ditingkatkan.

SD tersebut termasuk salah satu sekolah yang diminati oleh masyarakat di desa Karangwotan.

Hal ini ditandai dengan minat masyarakat untuk menyekolahkan anak mereka di SD tersebut tidak kalah dengan sekolah lainnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved