Breaking News:

Guru Berkarya

Tingkatkan Keterampilan Membaca Pantun melalui Tiktok

Pemanfaatan komputer dan telepon pintar merupakan sarana penyampaian ilmu dari guru kepada peserta didik pada masa pandemi.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Anggi Faisal SPd, Guru SDN Gulangpongge 01 Kabupaten Pati 

Oleh: Anggi Faisal SPd, Guru SDN Gulangpongge 01 Kabupaten Pati

PANDEMI Covid-19 sejak 2019 masih belangsung sampai sekarang. Hingga saat ini pemerintah masih menyerukan pembelajaran untuk terus dilakukan secara daring, berdasarkan Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 4 tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Kebijakan Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Berdasarkan permasalahan tersebut maka pemanfaatan teknologi merupakan pilihan yang paling tepat dalam pelaksanaan pembelajaran dengan moda daring. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat berperan penting dalam pelaksanaan pada moda pembelajaran ini.

Pemanfaatan komputer dan telepon pintar merupakan sarana penyampaian ilmu dari guru kepada peserta didik pada masa pandemi.

Pendapat Ashby dalam Rusman (2012:84) menjelaskan mengenai pemanfaatan internet dalam pembelajaran bahwa dunia pendidikan memasuki revolusi yang kelima, yaitu dengan pengemasan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kegiatan pembelajaran, khususnya teknologi komputer dan internet untuk kepentingan peningkatan kegiatan pembelajaran.

Keterbatasan pertemuan langsung antara guru dan peserta didik mendorong kreatifitas dan inovasi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Ketepatan dalam pemilihan media pembajaran akan mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran.

Salah satu alternatif media yang dapat dipilih adalah menggunakan aplikasi Tiktok. Yang mana hampir setiap peserta didik sudah menginstall dan memahami penggunaan aplikasi tersebut.

Salah satu kesulitan yang dialami peserta didik kelas V di SD Negeri Gulangpongge 01 adalah memahami materi yang bersifat keterampilan (psikomotorik) yang disampaikan guru secara daring (video converence). Pembelajaran Tematik pada Kompetensi Dasar “Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai ungkapan diri”, peserta didik harus praktik membuat pantun secara mandiri di rumah. Dimana pada pelaksanaan pembelajaran guru melakukan demontrasi secara langsung melalui share screen komputer guru tersebut.

Menurut Saiful Bahri dan Aswan (2010: 90), metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi atau benda tertentu yang dipelajari, baik sebenarnya ataupun tiruan, yang sering disertai dengan penjelasan lisan.

Pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan metode demonstrasi dengan moda daring itu memiliki kelemahan bagi peserta didik yang dengan daya tangkap rendah, sehingga peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved