Breaking News:

Berita Jepara

Bupati Jepara Dian Kristiandi Sampaikan 4 Raperda 2021, Ini Isinya

Bupati Jepara Dian Kristiandi menghadiri Sidang Paripurna di DPRD Jepara, Senin (11/10/2021).

Tribun Jateng/ Muhammad Yunan Setiawan
Bupati Jepara Dian Kristiandi menyerahkan hasil penyampaian empat rancangan peraturan daerah (Ranperda) kepada Ketua DPRD Jepara Haizul Maarif. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Bupati Jepara Dian Kristiandi menghadiri Sidang Paripurna di DPRD Jepara, Senin (11/10/2021).

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Jepara itu menyampaikan empat rancangan peraturan daerah (Raperda).

Keempat Raperda itu adalah Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah pemkab Jepara Nomor 6 Tahun 2010 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah;  Retrubusi Persetujuan Bangunan Gedung; Penyediaan dan Penyerahan Prasarana dan Sarana dan Utilitas Perumahan dab Permukiman, dab Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara Tahun 2024.

Pria yang akrab disapa Andi itu menjelaskan, rancangan peraturan daerah yang pertama itu Pemkab Jepara mendapatkan hibah rumah khusus yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan. 

Kini, kata dia,  pengelolaannya diserahkan kepada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman yang dalam pelaksanaannya ditangani oleh UPTD Rusunawa dan Rusus.

Di Kabupaten Jepara ada rumah khusus nelayan di Kedungmalang, Kecamatan Kedung, ssbanyak 90 unit rumah yang diserahkan dan ditempati masyarakat. 

"Oleh karena itu Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah Kabupaten Jepara Nomor 6 Tahun 2010 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah diperlukan untuk menambah obyek retribusi pemakaian kekayaan daerah kategori bangunan yang dapat dipungut retribusi, yaitu dengan menambahkan Rumah Khusus Nelayan dan mengatur kembali retribusi Rumah Susun Sederhana Sewa," paparnya.

Untuk Raperda yang kedua tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung.

Raperda itu, lanjut Andi,  merupakan tindaklanjut dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Dan juga Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved