Breaking News:

Berita Kudus

Bupati Kudus Hartopo: Peserta Pelatihan Bisa Mandiri Berbekal Keterampilan

Bupati Kudus HM Hartopo berharap pada setiap peserta pelatihan keterampilan bisa mandiri.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/ Rifqi Gozali
Bupati Kudus HM Hartopo saat menunjukkan produk UKM yang juga dijual di minimarket. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Bupati Kudus HM Hartopo berharap pada setiap peserta pelatihan keterampilan bisa mandiri secara ekonomi berbekal keterampilan yang dimiliki.

Sebab, hal itu bisa menjadi tolok ukur sejauh mana efektivitas dan keberhasilan pelatihan yang telah digelar.

“Tujuan kami mendidik supaya mereka (peserta pelatihan) menjadi manusia mandiri sesuai dengan pelatihan dan pendidikan yang diikutinya melalui dana cukai,” kata Hartopo.

Tujuan lainnya, kata dia, pelatihan yang memanfaatkan DBHCHT itu bagian dari upaya peningkatan ekonomi di kalangan masyarakat kecil, terutama buruh rokok yang menjadi sasaran peserta pelatihan.

Apalagi, saat ini pandemi masih terasa dampaknya, oleh karenanya bekal keterampilan bisa menjadi pemicu kemandirian di bidang ekonomi.

“Saya sempat meninjau pelatihan. Jadi itu memang agak panjang pelatihannya. Dibagi per sesi, jadi semua tidak bisa serentak mengikutinya,” kata Hartopo.

Lebih lanjut dia berkata, bahwa dia mengusulkan setiap peserta mendapat pendampingan dari Disnakerperinkop-UKM setelah pelatihan berakhir.

Agar para peserta pelatihan itu lebih mantap untuk berwirausaha, Hartopo tengah mengusulkan agar ke depan mereka mendapat bekal modal atau diberi peralatan sesuai dengan pelatihan keterampilan yang diikutinya.

“Jadi peserta itu bisa mengembangkan keterampilannya di rumah,” ujar dia. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved