Breaking News:

Berita Batang

DLH Batang Sosialisasikan Bank Sampah Uwuh Makmur Untuk Atasi Sampah Kertas OPD Yang Menumpuk

kriteria sampah yang dapat ditampung di bank sampah yakni sampah anorganik seperti kardus, kertas bekas, botol plastik, botol beling

Penulis: dina indriani | Editor: muslimah
dok DLH batang
Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Suyaeni saat memantau proses penimbangan sampah untuk bank sampah Uwuh Makmur 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batang, aktifkan kembali program bank sampah Uwuh Makmur. 

Hal itu lantaran saat ini banyak sampah kertas di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menumpuk.

"Kami sudah mengaktifkan lagi program bank sampah Uwuh Makmur beberapa hari lalu, target awal dibukanya bang sampah ini hanya menampung sampah-sampah dari OPD di Kabupaten Batang, karena memang kami masih keterbatasan tempat," tutur Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Suyaeni saat ditemui di Kantor DLH, Kabupaten Batang, Senin (11/10/2021).

Dia menjelaskan kriteria sampah yang dapat ditampung di bank sampah yakni sampah anorganik seperti kardus, kertas bekas, botol plastik, botol beling dengan rentang harga Rp 500  hingga Rp 2 ribu per kilogram.

"Program ini bekerja sama dengan pihak ketiga pengepul, kami juga berharap melalui program ini dapat membantu mengurangi penumpukan sampah,” ujarnya.

Muslihun, salah satu staf di bagian Prokompim Kabupaten Batang mengatakan program bank sampah bisa berdampak baik karena sesuatu yang sudah tidak terpakai bisa menghasilkan nilai jual.

"Lingkungan kantor menjadi bersih karena tidak ada sampah kertas atau kardus yang menumpuk, juga bisa menghasilkan nilai jual," ujarnya.

Dia berharap program tersebut bisa terus berjalan dan saling membantu menjaga lingkungan kantor juga mengubah pola pikir untuk memilah sampah.

"Satu hal kecil ternyata imbasnya bisa banyak, sehingga ini harus terus digaungkan dan saling bekerjasama," pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved