Breaking News:

Berita Batang

Penyusunan RDTR Kecamatan Gringsing akan Pertahankan Kawasan Tanaman Pangan 

Kabid Penataan Ruang DPUPR Batang sebut hadirnya KITB di Kecamatan Gringsing ubah RDTR.

Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Dina Indriani
Kegiatan FGD Analisis dan konsep penyusunan RDTR Kecamatan Gringsing di Hotel Sendangsari Batang, Senin (11/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Batang, Triadi Susanto mengatakan, hadirnya KITB di Kecamatan Gringsing mengubah Rencana Detail Tata Ruang di kecamatan tersebut.

"Pola ruang pada RDTR merupakan turunan dari pola ruang RTRW Kabupaten Batang," tutur Triadi.

Dia mencontohkan misalnya pada RTRW pola ruangnya Kawasan Permukiman, maka dalam RDTR bisa dirinci menjadi zona budidaya seperti Zona Perumahan Kepadatan Rendah sampai Tinggi, Zona Perdagangan dan Jasa, Zona Perkantoran dan Zona Sarana Pelayanan Umum Skala RW sampai Kecamatan," kata Triadi Susanto, Senin 11 Oktober 2021. 

Lanjutnya, jika pada pola ruang RTRW merupakan Kawasan Tanaman Pangan, maka pola ruang dalam RDTRnya masih berupa Zona Pertanian Tanaman Pangan.

"Kawasan Tanaman Pangan dipertahankan peruntukannya karena mengacu pada Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, sebagai upaya mewujudakan ketahanan pangan nasional," jelasnya.

RDTR disusun berdasarkan amanat undang - undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UUCK) beserta turunanya yaitu PP Nomor 21 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang.

Hal itu juga berpedoman pada Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Penyusunan, Peninjauan Kembali, Revisi, dan Penerbitan Persetujuan Substansi Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, Kabupaten, Kota, dan Rencana Detail Tata Ruang.

Ia juga mengatakan penyusunan RDTR punya kaitan erat dengan proses pemanfaatan ruang dan perizinan berusaha melalui online Single Submision (OSS). 

"Semua izin menggunakan OSS, sekarang izin perusahaan sudah bisa langsung diketahui pola ruangnya dengan menginput titik koordinatnya ke dalam system OSS dan langsung bisa diketahui kesesuaian tata ruangnya jika lokasi sudah memiliki RDTR,"pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved