Breaking News:

Techno

Tim Cook Khawatir Produk Apple Lebih Banyak Digunakan untuk Bermain Media Sosial

Tim Cook mengkhawatirkan tren bermain media sosial yang terjadi di masyarakat saat ini.

Wicaksono Surya Hidayat/ KOMPAS.com
Logo Apple di salah satu sisi gedung toko barunya di kota San Francisco, AS. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Tim Cook mengkhawatirkan tren bermain media sosial yang terjadi di masyarakat saat ini.

CEO Apple itu menilai, pengguna produk Apple seperti iPhone terlalu banyak menggunakan perangkat miliknya untuk bermain media sosial.

Bahkan, menurut dia, saat ini masyarakat telah melewati batas terkait penggunaan sebuah teknologi yaitu smartphone.

Baca juga: Rusia Dituduh Kerahkan Mata-Mata Curi Cetak Biru Vaksin AstraZeneca untuk Racik Sputnik V

"Hal ini tentu berbanding terbalik dengan tujuan Apple, yang mencoba untuk membuat para pengguna produk kami lebih banyak melakukan kegiatan lain dibandingkan dengan perangkatnya," kata Tim Cook dikutip dari laman situs Bustle, Senin (11/10/2021).

Bahkan kekhawatiran Tim Cook terhadap orang yang terlalu banyak menggunakan teknologi, membuat Apple menghadirkan fitur Screen Time pada perangkat iPhone dan iPad.

Fitur Screen Time ini, untuk mencoba memberikan informasi kepada pemilik iPhone terkait jumlah waktu yang mereka habisnya dengan perangkat miliknya dalam satu hari.

Screen Time dapat menunjukan waktu berapa lama aplikasi tersebut dilihat oleh pengguna iPhone. Jadi, pengguna iPhone bisa mengetahui berapa lama mereka membuka aplikasi media sosial atau aplikasi sejenisnya.

Kemudian Took juga menyatakan konsep scrolling tanpa batas dari platform media sosial meskipun dapat memberikan dampak buruk ke pengguna.

"Kami sebetulnya, ingin pelanggan menikmati produk mereka, seperti iPhone untuk terhubung dengan keluarga dan teman, bukan menggunakannya untuk scrolling media sosial tanpa henti," ujar Tim Cook.

Fenomena infinite scroll di media sosial yang dilakukan pengguna smartphone, sangat sering kita jumpai. Bahkan, mereka bisa tidak sadar bahwa telah melakukan scroll selama berjam-jam.

Contohnya seperti fitur Explore pada Instagram, yang tentunya dapat menghabiskan waktu tanpa terasa dengan melakukan scroll dan konten tidak akan habis selama pengguna terus melakukan scroll dan refresh terhadap laman tersebut. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bos Apple Khawatir saat Produknya Lebih Banyak Digunakan untuk Bermain Media Sosial

Baca juga: Bocah SD Dipukuli Siswa SMP gara-gara Salah Kirim Emoji Kepalan Tangan

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved