Breaking News:

Guru Berkarya

Asyiknya Menulis Procedure Text Melalui STAD

Pelajaran Bahasa inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dimata siswa dari beberapa mata pelajaran lainya.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Wartono SPd MA, Guru SMPN 1 Comal Kabupaten Pemalang 

Oleh: Wartono SPd MA, Guru SMPN 1 Comal Kabupaten Pemalang

PELAJARAN bahasa inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit di mata siswa dari beberapa mata pelajaran lainya. Hal ini terjadi karena bahasa Inggris bukanlah bahasa asli negara melainkan sebagai bahasa kedua.

Sehingga perlu adanya pembelajaran yang dapat menyenangkan dan membuat siswa merasa tertarik untuk belajar lebih mendalam. Pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas 9 terdapat materi procedure text dengan kompetensi menyusun teks lisan tulis sederhana.

Tujuan pembelajaran siswa dapat membuat karya berbentuk teks lisan dan tulisan pendek sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai dengan konteks. Tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada KD tersebut yakni siswa diharapkan mampu membuat teks singkat sederhana berbentuk procedure.

Kemampuan siswa kelas 9 pada SMP Negeri 1 Comal dalam perihal menulis dan menyusun teks tersebut masih rendah. Kenyataan yang terjadi adalah masih banyak siswa yang belum mampu menulis dan menyusun teks berbentuk procedure dengan baik dan benar.

Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis dan menyusun sebuah teks yang tepat dan benar menjadikan guru merasa terpanggil untuk mencoba memecahkan permasalahan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran. Lebih spesifik lagi pada rendahnya kemampuan menulis dan menyusun teks procedure.

Permasalahan ini kemungkinan terjadi karena siswa tidak merasa nyaman dalam mengikuti pembelajaran atau minimnya perbendaharaan kosa kata yang dimiliki oleh siswa. Kali ini dalam melakukan proses pembelajaran, penulis mencoba menggunakan satu metode bekerja dalam kelompok atau dikenal dengan metode cooperlative learning.

Menurut kamus besar, kata procedur merupakan kata benda yang berarti tahapan kegiatan untuk menyelesaikan aktivitas atau metode langkah demi langkah secara pasti dalam memecahkan masalah. Untuk membuat atau mengoperasikan sesuatu benda dengan hasil yang maksimal maka pekerjaan itu harus disesuaikan dengan langkah-langkah atau instruksi yang diberikan.

Tujuan dari procedure text tidak lain adalah untuk memberikan informasi bagaimana cara membuat atau mengoperasikan sesuatu dengan benar sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan sehingga tercapai hasil yang maksimal. Menurut Robert Slavin dan teman temannya di Universitas John Hopkin (dalam Slavin, 1995), pembelajaran yang paling sederhana, maka guru juga dituntut untuk dapat melakukan siswa memulai menggunakan pembelajaran kooperatif.

Pada proses pembelajaran guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil yang beranggotakan 4 sampai 6 siswa. Keanggotaan dalam masing-masing kelompok dipilih secara acak tanpa memperhatikan kesamaan jenis dan karakter masing-masing siswa.

Pada proses pembelajaran siswa bekerjasama dalam satu tim untuk mencoba menulis dan menyusun sebuah teks prosedur dengan baik dan benar. Pembelajaran diakhiri dengan pemberian kuis yang harus dikerjakan masing-masing siswa tanpa kerjasama.

Penerapan STAD pada pembelajaran materi procedure text terlihat lebih antusias dan merasa menikmati dalam mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran menjadi lebih hidup.

Kerjasama antar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yakni menguasai materi dengan sebaik baiknya dan mampu menulis serta menyusun sebuah teks prosedur yang memiliki fungsi sosial, struktur teks dan ciri kebahasaan secara mandiri. Dari hal tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran materi procedure text melalui metode STAD dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam  menulis dan menyusun teks lisan dan tulis sederhana. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved