Breaking News:

Berita Semarang

Bea Cukai Tanjung Emas Semarang Musnahkan Barang Sitaan dari Miras hingga Sex Toys

Ribuan barang sitaan ditata di lapangan voli yang ada di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) Tanjung Emas.

Penulis: budi susanto | Editor: moh anhar

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ribuan barang sitaan ditata di lapangan voli yang ada di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) Tanjung Emas Kota Semarang.

Barang sitaan tersebut berupa minuman keras, elektronik, obat-obatan, sex toy, produk pertanian, sepatu, makanan hewan, bibit tanaman, kosmetik serta senjata tajam.

Ribuan barang itu sampai memenuhi lapangan voli yang ada di KPPBC TMP Tanjung Emas.

Dari ribuan barang sitaan paling banyak adalah produk minuman yang mengandung etil alkohol.

Baca juga: Wali Kota Semarang Hendi Minta Dinas Perdagangan Evaluasi Penataan Lapak Pasar Johar

Baca juga: Pedagang Sayangkan Hasil Undian Lapak, Banyak Pedagang Pasar Lain Masuk Johar Utara Semarang

Barang-barang tersebut ditata untuk dimusnahkan sesuai dengan PMK nomor 178/PMK.04/2019 tentang penyelesaian terhadap barang yang dinyatakan tidak dikuasai, barang yang dikuasai negara, dan barang yang menjadi milik negara yang berasal dari aset eks kepabean dan cukai.

Barang sitaan yang dimusnahkan tersebut, merupakan sitaan yang tidak memenuhi prosedur pengiriman baik dari pelabuhan maupun bandaran dari 1 Januari 2020 hingga Oktober 2021.

Menurut Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas Semarang, Anton Martin, dalam kurun waktu tersebut, Bea Cukai Tanjung Emas Semarang melakukan 642 penindakan yang sudah melalui prosedur dan dikeluarkan Surat Bukti Penindakan (SBP).

“Penindakan dan pemusnahan kali ini merupakan yang paling besar dengan nilai total barang yang dimusnahkan sekitar Rp 2,2 miliar,” paparnya, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya barang terbanyak yang dimusnahkan adalah produk minuman beralkohol sebanyak 3.652 karton.

“Barang tersebut bahkan mencapai dua kontainer, barang tersebut dari Belgia. Untuk jenisnya 3.600 karton bir mmea gol b, 52 karton mmea gol c, serta 30 karton mme arak China gol c. Total untuk produk minuman alkohol yang dimusnahkan mencapai Rp 1,1 miliar,” tuturnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved