Breaking News:

Jepara Memesona

Bupati Jepara Dian Kristiandi Harap Banyak Orang Makin Kenal Museum RA Kartini Lewat Pameran Virtual

Museum tak sekadar menjadi tempat memajang barang-barang antik. Ia juga bisa menjadi tempat untuk belajar sejarah yang tepat.

TRIBUNJATENG/YUNANSETIAWAN
Bupati Jepara Dian Kristiandi mengajak ngobrol sejumlah wisatawan yang mengunjungi Museum RA Kartini, Selasa (12/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA -- Museum tak sekadar menjadi tempat memajang barang-barang antik. Ia juga bisa menjadi tempat untuk belajar sejarah yang tepat.

Di tempat itu, kita bisa mengenali dan mengetahui bagaimana fungsi  dan kegunaan benda-benda yang dipajang di museum tersebut. Begitu pula dengan museum RA Kartini, kita bisa mengetahui sosok biografi adik dari Sosrkartono itu. Selain itu juga, kita bisa mengetahui bermacam-macam benda yanh digunakan Kartini seperti kursi, meja, dan yang lainnya.

Bupati Jepara Dian Kristiandi  mengatakan Kabupaten Jepara boleh bangga karena ada satu museum yang namanya menggaung di dunia karena menyimpan banyak benda peninggalan RA Kartini.

Bertepatan pada Hari Museum yang jatuh pad 12 Oktober ini, pria yang akrab disapa Andi itu mengajak masyarakat menjadikan museum sebagai wahana menambah edukasi. Mengunjungi musem, kata dia, masyarakat bisa mengenali sejarah.

"Museum menurut saya begitu berarti karena generasi penerus bisa menambah khasanah literasinya," kata Andi saat membuka Pameran Virtual Museum RA Kartini, Selasa (12/10/2021).

Lebih lanjut, dia menerangkan museum bisa menjadi proses pembelajaran. Bisa menjadi tempat menambah edukasi sekaligus wisata. Maka dari itu, museum harus dibuat nyaman bagi pengunjung senyaman mereka mengunjungi tempat wisata 

Andi memaparkan, di era pandemi seperti ini banyak hal yang membatas. Untuk itu, kreativitas diperlukan agar bisa membuat kita tidak terkurung. Satu di antara inovasi itu adalah pameran virtual museum ini.

"Kita sebagai generasi penerus bisa melakukan inovasi dari apa yang kita lihat dan amati," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamrono Lestiaza menambahkan, pameran virtual merupakan usaha untuk menarik minat wisatawan.

Pihaknya berupaya agar wisatawan bisa nyaman ketika berkunjung ke Museum RA Kartini. Menurutnya, interior di museum tersebut sudah tertata bagus.

"Eksterior masih jadi PR. Nanti kami tata," terangnya.(yun).

Baca juga: Hasil Survei SMRC, Pemilih Lebih Suka Kualitas Personal Dibanding Keputusan Partai

Baca juga: Info Pemeliharaan Jaringan Listrik PLN ULP Magelang Kota Selasa 12 Oktober 2021

Baca juga: Apa Itu Lockdown? WFH, Rebahan dan 5 Istilah Lain yang Banyak Dicari Sejak Pandemi

Baca juga: Survei SMRC, Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi Tapi Cenderung Turun

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved