Breaking News:

Berita Pati

Cegah Abrasi Lewat Mageri Segoro, Polres Pati Tanam 5 Ribu Pohon Mangrove di Pesisir Bulumanis Kidul

Polres Pati beserta jajaran Forkopimda menanam 5 ribu bibit pohon mangrove di wilayah pesisir Desa Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: moh anhar
HUMAS POLRES PATI
Kapolres Pati AKBP Christian Tobing menanam bibit mangrove di pesisir Desa Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Selasa (12/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Polres Pati beserta jajaran Forkopimda menanam 5 ribu bibit pohon mangrove di wilayah pesisir Desa Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso, Selasa (12/10/2021).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program "Polda Jateng Mageri Segoro" yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Jawa Tengah.

Kegiatan ini juga melibatkan personel Kodim Pati, Pemerintah Desa Bulumanis Kidul, perwakilan pemerintah daerah, serta para relawan dari sejumlah komunitas peduli lingkungan.

Baca juga: Mageri Segoro, 5.000 Tanaman Bakau di Sepanjang Pantai Pekalongan

Baca juga: Umrah Diperbolehkan, Kemenag Kota Tegal Imbau Masyarakat Waspada Terhadap Agen Umrah Ilegal

Baca juga: AC Milan Makin Ngebet Boyong Wonderkid Belgia ke Liga Italia Setelah Pemain Mampu Kolongi Donnarumma

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut instruksi Presiden RI dalam rangka menjaga ekosistem di wilayah perairan.

"Ini bertujuan agar tidak terjadi abrasi. Penanaman mangrove ini diprogramkan sampai Desember 2021," ujar dia.

"Yang paling penting adalah menjaga agar program ini tetap berjalan serta memantau dan menjaga agar pohon-pohon yang ditanam tumbuh," tambah AKBP Christian Tobing.

Dia menambahkan, dipilihnya Desa Bulumanis Kidul didahului survei dan cek lokasi yang melibatkan pihak-pihak terkait, bahwa tempat tersebut memang membutuhkan perbaikan ekosistem melalui penanaman mangrove.

Sementara, Kepala Desa Bulumanis Kidul Susanto menyampaikan bahwa berdasarkan topografi, lokasi pesisir Bulumanis Kidul memang masih butuh penanaman mangrove.

Baca juga: Wallace Costa Ungkap Kondisinya saat Ini, Bakal Absen saat PSIS Semarang Lawan Persik Kediri

Baca juga: Umrah Diperbolehkan, Kemenag Kota Tegal Imbau Masyarakat Waspada Terhadap Agen Umrah Ilegal

Baca juga: Chord Kunci Gitar Tentang Cinta Raisa

Terlebih, di pesisir tersebut belum terdapat pohon mangrove yang berguna menahan abrasi.

"Banyak lahan yang malah dijadikan tambak. Namun di tahun ini sudah saya canangkan penanaman mangrove yang didukung oleh pemerintah, TNI, dan Polri. Serta adanya penegakan hukum apabila terjadi pengrusakan pohon-pohon mangrove yang telah ditanam itu," tandas dia. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved