Breaking News:

Guru Berkarya

Mengoptimalkan Kemampuan Menulis Bahasa Jawa melalui Cooperative Learning

Kondisi pandemi Covid-19 telah memberikan pengaruh positif dalam dunia pendidikan, khususnya pelaksanaan pembelajaran.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Novia Sari SPd, Guru SMAN 1 Jetis Kabupaten Bantul 

Oleh: Novia Sari SPd, Guru SMAN 1 Jetis Kabupaten Bantul

KONDISI pandemi Covid-19 telah memberikan pengaruh positif dalam dunia pendidikan, khususnya pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh berbasis internet (daring).

Melalui pembelajaran secara daring, ada perubahan dari segi pemanfaatan tekonologi pada pembelajaran. Siswa maupun guru dapat melaksanakan pembelajaran dimanapun, kapanpun secara online.

Namun di balik sisi positif pembelajaran daring, muncul masalah yaitu penurunan karakter siswa seperti kurangnya kedisiplinan, keaktifan dan kurangnya kolaborasi antar siswa dan guru, serta rendahnya kreatifitas siswa. Permasalahan  tersebut disebabkan guru sulit dalam mengontrol siswa secara online dan pemilihan model serta media pembelajaran  yang kurang menarik.

Asep Gojwan (dalam Syahraini Tambak, 2017: 2) mendefinisikan cooperative learning sebagai suatu model pembelajaran yang menekankan aktivitas kolaboratif peserta didik dalam belajar yang berbentuk kelompok kecil dengan berbagai macam aktifitas belajar untuk meningkatkan kemampuan memahami materi pelajaran dan memecahkan masalah secara berkelompok. Model pembelajaran cooperative learning ini dapat diterapkan dalam pembelajaran yang bersifat kelompok.

Sebagai contoh diterapkan dalam pembelajaran bahasa Jawa, pada kompetensi dasar kelas X menyajikan berita berbahasa Jawa dengan lisan maupun tulis. Sebelumnya, pembelajaran bahasa jawa masih menggunakan cara konvensional pemberian materi dan penugasan kelompok.

Hasilnya, kerja kelompok tidak optimal bahkan siswa tidak disiplin dan tidak berperan aktif dalam mengerjakan sehingga guru tidak dapat menilai sikap maupun kemampuan siswa dalam menulis teks berita bahasa Jawa. Kemudian untuk mengatasi permasalahan tersebut, dengan menerapkan model cooperative learning picture and picture dan media google slide melalui pembelajaran pada forum zoomeeting.

Adapun langkah-langkah pembelajaran: pertama, menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar di forum zoometing. Kedua, menyajikan materi cara menulis teks berita bahasa Jawa melalui video interaktif.

Ketiga, membagi siswa menjadi 6 kelompok dan diberikan akses link google slide untuk kegiatan diskusi menulis teks berita bahasa Jawa. Setiap kelompok disajikan 4 gambar acak, 6 slide yang harus diisi oleh setiap siswa dengan menyertakan namanya pada lembar slidenya untuk sebagai dasar membuat kerangka berita dan 1 slide untuk menuliskan hasil teks berita.

Keempat, siswa berkolaborasi menulis teks berita bahasa Jawa pada breakout room dengan mengurutkan gambar secara acak menjadi urutan yang logis. Langkah kelima, perwakilan kelompok menyampaikan hasil pekerjaannya.

Berdasarkan proses pembelajaran, setiap siswa dalam kelompok terlihat aktif, saling berkolaborasi dan disiplin dalam mengikuti diskusi pada breakout room zoomeeting. Penggunaan google slide memudahkan guru memantau langsung keaktifan, kedisiplinan, dan kolaborasi siswa yang sudah mengisi atau belum mengisi dengan membuka link slide setiap kelompok.

Guru juga bisa memberikan koreksi dengan masuk pada breakout room siswa. Dilihat dari hasil pekerjaan siswa pada google slide tampak memuaskan, siswa  dapat menulis teks berita dengan tepat dengan gambar yang disajikan.

Dari proses pembelajaran dan hasil pekerjaan siswa dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning picture and picture dan penggunaan media google slide dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berita bahasa Jawa dan memperbaiki karakter keaktifan, kedisiplinan, serta kolaborasi antarsiswa. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved