Breaking News:

Guru Berkarya

Meningkatkan Pembelajaran IPA Secara Daring di Masa Pandemi

Motivasi belajar siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran yang sangat berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Cholik SPd, Guru SMPN 3 Petarukan Kab Pemalang 

Oleh: Cholik SPd, Guru SMPN 3 Petarukan Kab Pemalang

MOTIVASI belajar siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran yang sangat berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran (Nashar, 2004:11). Siswa yang memiliki motivasi tinggi dalam belajar akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi pula, artinya bahwa semakin tinggi motivasi belajarnya, maka semakin tinggi pula intensitas usaha dan upaya yang dilakukan.

Dengan demikian, semakin tinggi pula prestasi belajar yang diperolehnya pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah. Pada mata pelajaran IPA dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar.

Pada masa pandemi Covid-19, minat belajar pada siswa banyak mengalami penurunan, karena proses pembelajaran dilakukan secara online dan dalam jaringan (daring)  serta sering disebut sebagai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pemerintah telah menghimbau kepada masyarakat termasuk dunia pendidikan untuk tetap di rumah dan isolasi diri dengan pemberlakuan PJJ. Pembelajaran jarak jauh atau PJJ adalah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilakukan dengan tidak tatap muka.

Pada masa pandemi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA lebih tepat menggunakan metode inquiry dimana metode ini dapat dapat mengaktifkan siswa. Guru hanya sebagai fasilitator dan membimbing siswa.

Pada metode inquiri, siswa dituntut untuk berfikir sendiri, sehingga siswa dapat menemukan hasil jawabannya melalui bahan dan alat peraga yang sudah disediakan. Media peraga merupakan pendukung saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tentunya membuat siswa senang dalam belajar IPA, sehingga dapat dipastikan minat belajar terhadap pelajaran IPA tentu lebih meningkat.

Ada beberapa kelompok pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah pada masa pandemi Covid-19, maka sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara penuh dan memanfaatkan berbagai pendidikan secara daring, di mana tugas dikirim melalui aplikasi whatup. Pada penilaian keberhasilan dengan metode inquiry terhadap minat belajar siswa meliputi beberapa aspek penilaian yaitu praktik pembelajaran oleh guru, sikap dan hasil belajar oleh siswa.

Pada penilaian pengetahuan dan keterampilan yang didapat oleh siswa diharapkan bukan hasil dari mengingat seperangkat fakta-fakta tetapi hasil dari menemukan sendiri.  Dengan metode inquiry bisa memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka, sesuai dengan perkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar merupakan  perubahan tingkah laku.

Berkat adanya perubahan metode pembelajaran inquiri dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata, artinya siswa yang memiliki kemampuan belajar yang tinggi tidak akan terhambat oleh siswa yang kemampuan belajarnya rendah. Pada materi IPA yang disampaikan oleh guru akan lebih mudah dimengerti bila dilakukan dengan bantuan alat peraga dan eksperimen ataupun pengamatan secara langsung dengan metode inquiry.

Kegiatan Belajar Mengajar secara daring dengan metode inquiry dan diaplikasikan sesuai pada masa pandemi covid-19. Pada metode Inquiry dengan bantuan alat peraga membuat siswa dengan lebih mudah memahami pada pelajaran IPA. Oleh karena itu, metode ini mendekatkan siswa pada kondisi nyata pada kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa penggunaan metode inquiry dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved