Breaking News:

Berita Semarang

Sinergi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Kemenkumham Jateng Gandeng Ombudsman

Kemenkumham Jawa Tengah menggandeng Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jawa Tengah untuk bersinergi.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: moh anhar
Dokumentasi Humas Kanwil Kemenkumham Jateng
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida, menandatangani perjanjian kerjasama di hadapan Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A Yuspahruddin, di Aula Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Selasa (12/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah menggandeng Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jawa Tengah untuk bersinergi dalam penyelenggaraan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kolaborasi kedua instansi ini tertuang dalam perjanjian kerja sama yang ditandatangani Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A Yuspahruddin dan Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida, di Aula Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Selasa (12/10/2021).

"Dipilihnya Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah sebagai mitra kerja ini tak lepas dari peran Ombudsman sebagai quality assurance terhadap penilaian dan pengawasan kualitas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintah," kata Yuspahruddin, dalam sambutannya.

Baca juga: Mengoptimalkan Kemampuan Menulis Bahasa Jawa melalui Cooperative Learning

Baca juga: Tentrem On Ice Rilis Promo Baru, Bermain Ice Skating Sepuasnya Seharian Penuh

Baca juga: Info Loker Lowongan Kerja Karir Terbaru di Semarang Selasa 12 Oktober 2021

Yuspahruddin menilai kerjasama dengan Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah adalah hal yang mutlak dilakukan jajarannya guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, kerjasama dengan Ombudsman menjadi keniscayaan yang harus dilakukan. Pasalnya, di Kemenkumham Jawa Tengah terdapat 71 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang terdiri 62 unit pemasyarakatan, 7 unit keimigrasian, Badiklat dan Balai Harta Peninggalan (BHP).

"Sangat luas rentang wilayah kerjanya. Oleh karena itu kita juga memerlukan kolaborasi dengan Ombudsman untuk melakukan pengawasan," jelasnya.

Adanya kerjasama dengan Ombudsman tersebut, Kemenkumham Jawa Tengah dapat mengontrol pelaksanaan pelayanan di seluruh Unit Pelaksana Teknis dengan sebaik-baiknya.

Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida mengatakan, jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah selama ini telah menunjukkan semangat yang luar biasa untuk memberikan pelayanan prima.

"Seluruh UPT di Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah ini ada niatan yang sangat kuat untuk memberikan pelayanan yang baik. Ini bisa kami rasakan," katanya.

Perjanjian kerja sama itu merupakan implementasi dari nota kesepahaman antara Kemenkumham RI dengan Ombudsman RI tentang peningkatan kualitas pelayanan publik di Kemenkumham RI.

Lebih rinci, perjanjian kerja sama itu menjadi pedoman bagi para pihak dalam rangka membangun sinergi peningkatan kualitas pelayanan publik dengan tujuan untuk mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan publik secara efektif dan efisien.

Melalui perjanjian kerja sama, kedua pihak sepakat bekerja sama untuk melakukan pengawasan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, pertukaran data dan informasi guna mencegah terjadinya maladministrasi dengan dilakukannya pendampingan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan publik, dan lainnya. (Nal)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved