Breaking News:

Berita Pantura

Mageri Segoro: Soeharno Menyelam demi Tanam Mangrove

Polda Jateng melakukan penanaman mangrove di pesisir utara Jawa Tengah, tepatnya Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Demak, Selasa (12/10).

TribunJateng.com/Rahdyan Trijoko Pamungkas
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, dan Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tanam mangrove di desa Bendono Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Penanaman mangrove merupakan program Polda Mageri Segoro yang diikuti 16 Polres secara serentak 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK -- Polda Jateng melakukan penanaman mangrove di pesisir utara Jawa Tengah, tepatnya Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Demak, Selasa (12/10).

Program bertajuk Polda Jateng Mageri Segoro itu dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto, hingga Bupati Demak, Eisti’anah. Tampak pula anggota Ditpolairud Jateng, petugas BPBD, relawan gabungan dan instansi lain.

Ribuan mangrove sudah ditanam di beberapa titik. Di pantai, tepi sungai, maupun di tanah yang berbatasan langsung dengan laut. Tujuan penanaman tersebut untuk mencegah wilayah setempat dari abrasi, menjaga ekosistem laut, serta menekan dan menyerap emisi gas rumah kaca.

Selain di Demak, hal serupa juga dilakukan 16 Polres di Jateng yang memiliki wilayah garis pantai. "Masing-masing Polres menanam 50 ribu hingga 70 ribu mangrove," kata Kapolda, kemarin.

Warga setempat yang turut menanam mangrove adalah Suharno (56). Bahkan, Suharno tak segan menyelam untuk menanam mangrove berukuran sekitar 20 sentimeter tersebut.

“Saya menyelam untuk mencari tanahnya. Batang tanaman diberi bambu sebagai penguat. Bila sudah cukup tinggi, bambu penahan akan hancur dengan sendirinya namun pohon sudah kuat,” ujar Suharno.

Diperkirakan pohon tersebut membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk mulai tumbuh hingga setinggi 15 meter di atas permukaan laut. Ia berharap, setelah mangrove tersebut tumbuh, suasana jadi lebih sejuk.

“Ya biar ada penghijauan dan udaranya lebih sejuk karena di sini suhunya panas. Selain itu, kami juga berharap semoga masalah rob segera teratasi,” ujarnya.

Terpisah, di hari kemarin, Polres Kendal melakukan penamanan 3.600 bibit mangrove di Pantai Indah Kemangi, Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung.

Kapolres Kendal, AKBP Yuniar Ariefianto mengatakan, program penanaman mangrove yang dilakukan jajaran Polda Jateng itu menggandeng menggandeng bupati, dan Forkopimda Kendal.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved