Breaking News:

Berita Jateng

Program Mageri Segoro  Pecahkan Rekor MURI

Progam Polda Jateng Mageri Segoro berupa penanaman 1 juta mangrove memecahkah rekor muri.

TribunJateng.com/rez
Warga menyelam ke laut dekat dengan garis pantai untuk menanam pohon Mangrove dalam acara Polda Jateng Mageri Segoro di Ds Bedono, Kec Sayung, Kab Demak, Selasa (12/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Progam Polda Jateng Mageri Segoro berupa penanaman 1 juta mangrove memecahkah rekor muri.

Polda Jateng Mageri Segoro mengalahkan program Polda Sumatera Utara yang sebelumnya menanam 280 ribu bibit mangrove.

Penghargaan diserahkan langsung perwakilan MURI kepada Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi di lokasi peluncuran program di Desa Bedono, Sayung Demak, Selasa (12/10).

Meski bertajuk mageri segoro, namun program itu tak melulu soal penanaman mangrove. Menurut Kapolda, ada juga program pemberdayaan masyarakat pesisir di masa pandemi Covid-19.

"Juga vaksinasi Covid-19 di setiap Polres di wilayah Polda Jateng yang memiliki di garis pantai. Untuk wilayah Bendono, 2 ribu vaksin didatangkan hari ini," jelasnya.

Selain itu, Polda juga melakukan bakti sosial terhadap masyarakat pesisir yang terdampak. Polda Jateng membagikan sebanyak 500 paket bantuan pada masyarakat Bedono.

Melalui Ditpolairud, Polda Jateng melakukan pembinaan masyarakat untuk melakukan budidaya kerang. Pembinaan dilakukan di setiap Polres yang memiliki satuan polisi perairan.

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengaku bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan Ganjar datang lebih awal sebelum acara dimulai.

"Saya berangkat kesini pukul 06.30 pagi, pit-pitan (bersepeda). Sampai sini saya sempat berkeliling karena kepagian," tuturnya.

Ganjar menjelaskan, isu penurunan tanah di Jawa Tengah khususnya Pantura sudah sangat serius. Karena itu, gagasan Kapolda menanam 1 juta mangrove sangat diapresiasinya.

"Kami siap untuk selanjutnya gas pol kegiatan penanaman mangrove ini. Kami senang karena Dinas Lingkungan Hidup sudah mendapat partner dalam pelestarian lingkungan," imbuhnya.

Sementara itu Pangdam IV/Diponegoro juga mengatakan kesiapannya untuk bersinergi dalam menanam mangrove di kawasan pesisir pantura.

Hal itu, sudah direncanakan jauh hari bersama Kapolda.

"Secara spontan, Kapolda pernah menelepon saya mengajak menanam mangrove. Bilangnya 'ayo bro, nanam mangrove'. Tentu saja saya antusias dan jajaran TNI siap mendukungnya," tandasnya. (rtp/nal)

Baca juga: Jika Terbukti Kabur dari Karantina Covid-19, Rachel Vennya Terancam Penjara atau Denda Rp 100 Juta

Baca juga: Mageri Segoro: Soeharno Menyelam demi Tanam Mangrove

Baca juga: Seorang Jaksa di Mojokerto Ditangkap Terkait Kasus Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

Baca juga: ODGJ Mengamuk hingga Tetangga Tewas, Dilumpuhkan Polisi dengan Timah Panas

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved