Breaking News:

Guru Berkarya

Tentukan Ide Pokok dengan Game Flashcard

Untuk mempermudah memahami inti dalam suatu paragraf diperlukan kemampuan menentukan ide pokok atau biasa dikenal dengan istilah pokok pikiran.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Kharifatu Rosida SPd, Guru SDN Pesalakan 01 Kec Bandar Kab Batang 

Oleh: Kharifatu Rosida SPd, Guru SDN Pesalakan 01 Kec Bandar Kab Batang

UNTUK mempermudah memahami inti dalam suatu paragraf diperlukan kemampuan menentukan ide pokok atau biasa dikenal dengan istilah pokok pikiran. Menurut Tampubolon (2008), ide pokok merupakan kesimpulan yang ditarik dari semua isi kalimat-kalimat yang membentuk paragraf.

Dalam menentukan ide pokok ada cara-cara tersendiri yang bisa mempercepat menemukan ide pokok dalam suatu paragraf. Jadi kita bisa dengan mudah dan cepat memahami inti suatu paragraf.

Mengingat pentingnya memahami konsep ide pokok maka diperlukan pengenalan konsep yang bisa dilakukan dibangku sekolah salah satunya terjadi di SDN Pesalakan 01, Kec. Bandar, Kab. Pekalongan, yaitu di kelas 5 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang tergabung ke dalam tema 1 sub tema 2 KD 3.1 menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tertulis. Adapun teks yang diajarkan yaitu teks tentang organ gerak hewan dan tumbuhan dengan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan adalah menentukan ide pokok setiap paragraf dalam suatu bacaan.

Memperkenalkan konsep ide pokok kepada siswa di tengah kondisi proses pembelajaran yang mewajibkan dilakukan secara daring menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Guru tertantang untuk mengemas proses pembelajaran agar bisa berjalan dengan maksimal.

Realita yang ada di awal pandemi yang mewajibkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring penuh ternyata memperlihatkan hasil belajar siswa terutama dalam mempelajari konsep ide pokok masih belum maksimal. Pasalnya, berdasarkan hasil penugasan maupun penilaian harian yang sudah diselenggarakan oleh guru menggambarkan bahwa capaian hasil belajar siswa masih belum bisa melampaui KKM sepenuhnya.

Masih banyak siswa yang belum mampu menentukan ide pokok yang tepat dalam suatu paragraf. Melihat gambaran tersebut guru berusaha mengevaluasi proses pembelajaran yang telah berlangsung untuk menemukan solusi yang tepat yang harus dilakukan guru ke depannya.

Salah satu solusi yang ditemukan oleh guru yaitu dengan mengemas proses pembelajaran materi menentukan ide pokok dalam teks tentang organ gerak hewan dan tumbuhan menjadi sebuah game yang menyenangkan bernama Flashcard. Dengan mengubah media pembelajaran ini menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki hasil pembelajaran siswa ditahun ajaran sebelumnya.

Menurut I Wayan (2007), media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Sedangkan tujuan pembelajaran kali ini siswa diharapkan mampu menentukan ide pokok dalam teks organ gerak hewan dan tumbuhan.

Adapun hal-hal yang harus disiapkan guru di antaranya membuat materi pengantar mengani ide pokok serta tips dan trik menemukan ide pokok dalam suatu teks. Membuat teks tentang organ gerak hewan dan tumbuhan menjadi potongan-potongan flashcard yang disertai dengan masing-masing ide pokok disetiap paragraf.

Kemudian, gandakan media game Flashcard ke sejumlah siswa kelas 5 SDN Pesalakan 01. Bagikan bahan game Flashcard masing-masing siswa untuk dipergunakan setelah materi pengantar disampaikan oleh guru dan dilanjutkan dengan game.

Dengan menggunakan game Flashcard tersebut ternyata mampu menarik simpati siswa untuk mengikuti pembelajaran kali ini dengan aktif, banyak siswa yang mennentukan paragraf diikuti dengan ide pokoknya dengan tepat. Selain itu, hasil penilaian harian tema 1 terkhusus untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved