Breaking News:

Berita Semarang

BPJAMSOSTEK Sasar Vaksinasi untuk Kelompok Disabilitas dan Pekerja

BPJAMSOTEK menyasar vaksinasi untuk berbagai kelompok masyarakat termasuk disabilitas.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Idayatul Rohmah
BPJAMSOSTEK 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOTEK) menyasar vaksinasi untuk berbagai kelompok masyarakat termasuk disabilitas agar segera tercapai imunitas kelompok.

"Kelompok disabilitas ini kan perlu juga untuk meningkatkan kesehatannya, kadang kan sektor ini di beberapa tempat kurang tersentuh dan disabilitas ini saya melihat edukasi yang lebih penting untuk mereka bisa mau divaksin," kata Deputi Direktur Wilayah Jawa Tengah dan DIY Suwilwan Rachmat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/10/2021).

Dalam kesempatan itu ia melakukan peninjauan kegiatan vaksinasi dosis kedua di Terminal Tirtonadi Solo.

Selain disabilitas, dikatakannya, kelompok lain yang juga disasar pada kegiatan vaksinasi adalah masyarakat pekerja. Menurut dia, dengan demikian akan tercapai masyarakat sehat.

"Masyarakat sehat, ekonomi bergerak sehingga kepesertaan BPJAMSOSTEK bisa meningkat," katanya.

Untuk di Kota Solo, pihaknya menargetkan sebanyak 1.500 peserta vaksinasi. Untuk dosis pertama sendiri sudah dilaksanakan pada tanggal 16 September 2021.

"Kalau di Jawa Tengah hanya di Solo, kemarin sebetulnya kami juga sudah berkoordinasi dengan daerah lain tetapi karena ketersediaan vaksin masih terbatas sehingga belum dilaksanakan. Sebetulnya sudah direncanakan di sejumlah titik," jelasnya.

Sedangkan di DIY, dikatakannya, BPJAMSOSTEK sudah melaksanakannya di Kota Yogyakarta dengan menyasar sekitar 1.500-1.700 peserta.

Sementara itu, Kepala Seksi Surveilans dan Kejadian Luar Biasa Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Mohammad Abdul Rochim mengatakan saat ini capaian vaksinasi di Kota Solo sudah mencapai 91,7 persen khusus untuk warga ber-KTP Solo.

"Tetapi kalau untuk masyarakat aglomerasi capaiannya sudah mencapai 120 persen, ini masyarakat khususnya yang aktivitas di Solo," katanya.

Terkait dengan kegiatan tersebut, dikatakannya, Pemkot Surakarta mengapresiasi upaya dari BPJAMSOSTEK tersebut.

"Terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan karena sudah membantu meningkatkan 'herd immunity' untuk masyarakat pekerja yang beraktivitas di Solo," tukasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved