Breaking News:

Berita Jepara

Bupati Jepara Resmikan Gerakan 1 OPD 1 Desa Dampingan: Kolaborasi Atasi Kemiskinan

Bupati Jepara Dian Kristiandi meresmikan Gerakan  Satu Perangkat Daerah Sati Dampingan Desa.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo
Dok. Humas Pemkab Jepara
Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan sambutan saat meresmikan gerakan 1 OPD 1 Desa Dampingan, di Gedung Shima, Rabu (13/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi meresmikan Gerakan  Satu Perangkat Daerah Sati Dampingan Desa, di Gedung Shima, Rabu (13/10/2021).

Gerakan ini ditujukan menangani kemiskinan di Kabupaten Jepara sampai tuntas. Untuk lebih efektif, desa-desa yang tertinggal kini akan didampingi perangkat daerah.

Menurutnya, penanganan kemiskinan tidak bisa hanya dibebankan kepada satu perangkat daerah yang memiliki tugas pengentasan kemiskinan, melainkan harus digarap secara bersama-sama.

“Semua perangkat daerah harus terlibat dalam penanganan kemiskinan sebagaimana dalam penanganan pandemi Covid-19. Harus dilakukan bersama-sama,”  kata pria yang akrab disapa Andi itu.

Dia menjelaskan saat ini ada 28 desa yang berada di bawah garis kemisikan. Puluhan desa tersebut akan menjadi fokus dampingan. 

Andi meminta agar desa dan perangkat daerah melakukan kolaborasi yang baik dalam  upaya pengentasan kemiskinan ini. 

“Pendampingan yang dilakukan oleh perangkat daerah akan mendorong dan memperkuat dalam penanganan kemiskinan. Untuk itu saya minta pihak desa untuk terbuka, sebba itu kunci agar pendampingan yang dilakukan bisa dilakukan dengan baik,” terangnya.

Menurut Andi,  kemiskinan di Jepara sebenaranya sudah melampaui target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jepara tahun 2017-2022. 

“Tahun 2022 kita targetkan kemiskinan berada di angka 8 persen. Akan tetapi pada 2020 kita berada di angka 7 persen, bahkan tahun 2019 tingkat kemiskinan kita berada di angka 6,6 persen,” tandasnya.

Untuk diketahui dalam gerakan ini Bappeda akan mendampingi Desa Tukakan, BPKAD mendampingi Sowan Kidul,  Disdikpora mendampingi Desa Troso, Dinas Perikanan mendampingi Desa Kedungmalang,  Dinas PUPR mendampingi Desa Geneng, dan Dinas Kesehatan mendampingi Desa Ngabul. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved