Breaking News:

Guru Berkarya

Efektivitas WhatsApp untuk Belajar Struktur Teks Pidato Persuasi

Pandemi Covid – 19 sudah hampr dua tahun  melanda di dunia. Bahkan di tahun 2021 Covid-19 memunculkan mutan baru dengan nama delta.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Salimah SPd, Guru SMPN 3 Petarukan Kabupaten Pemalang 

Oleh: Salimah SPd, Guru SMPN 3 Petarukan Kabupaten Pemalang

PANDEMI Covid-19 sudah hampr dua tahun  melanda di dunia. Untuk mencegah penyebaran virus corona, pemerintah mengambil kebijakan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakan (PPKM).

Kebijakan ini memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia di berbagai bidang termasuk pendidikan. Dampaknya sangat memberikan pengaruh dalam dunia pendidikan terutama dalam proses pembelajaran.

Winkel (1991: 200) menjelaskan bahwa proses pembelajaran adalah suatu aktivitas psikis atau mental yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap. Proses pembelajaran di masa PPKM dilaksanakan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan dalam jaringan.

PJJ membutuhkan HP android yang dapat mengaskes data lebih banyak. Untuk itu peserta didik harus memiliki hp android dan kuota  yang cukup.

Dengan hp android, peserta didik dapat mengikuti Google Classroom, Google Form, Drive, dan Whatsaap.  Namun agar dapat mengakses internet, peserta didik harus mengeluarkan biaya untuk membeli kuota.

Hal ini menjadi beban tersendiri bagi peserta diidk dari kalangan keluarga yang kurang mampu. Kendala dalam pelaksanaan PJJ berikutnya yaitu sinyal internet. Sinyal internet pada bebrapa daerah menjadi lemot. Hal ini tentu mengganggu jalannya pembelajaran secara daring, apalagi peserta didik yang tinggal di pedesaan.

Pembelajaran di SMP Negeri 3 Petarukan  dilaksanakan secara daring dan luring.  Dalam pembelajaran daring ini, menggunakan media sosial yang dapat dengan mudah diakses oleh peserta didik. 

Media sosial yang mudah digunakan adalah WhatsApp. Lebih memilih Whatsaap karena peserta didik biasa menggunakannya.  

Peserta didik menemui kesulitan kemungkinannya sangat sedikit. Seperti halnya pembelajaran mapel bahasa indonesia Kompetensi Dasar menelaah struktur teks pidato persuasi kelas IX SMP Negeri 3 Petarukan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved