Breaking News:

Guru Berkarya

'It's English Time' Ternyata Lebih Menyenangkan Melalui Belajar Daring

Hampir satu setengah tahun anak-anak indonesia belajar dalam jaringan (daring). Anak-anak menemui sedikit kendala di antaranya akses yang sulit.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Warningsih SPd, Guru SMPN 3 Petarukan Kabupaten Pemalang 

Oleh: Warningsih SPd, Guru SMPN 3 Petarukan Kabupaten Pemalang

HAMPIR 1,5 tahun anak-anak indonesia belajar dalam jaringan (daring). Anak-anak menemui sedikit kendala di antaranya akses yang sulit untuk di jangkau dan alat pembelajaranya harus dengan HP android. 

Di sini peran orang tua sangat dibutuhkan. Belajar daring adalah kegiatan belajar yang dilakukan menggunakan koneksi internet.

Dimyati (2017) menjelaskan bahwa pembelajaran daring atau yang dikenal dengan istilah e-learning merupakan bentuk pemanfaatan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar jarak jauh. Melalui belajar daring, siswa mendapat materi ajar yang sesuai dengan kurikulum pembelajaran yang sama dengan belajar tatap muka.

Dengan begitu mudah bagi siswa  untuk mengerjakan tugas-tugas. Untuk materi bahasa Inggris kelas 8 siswa mudah menguasai lewat internet. Materi ini bertema “Its English Time “ yang mengajak pemula mengerti bahasa Inggris.

Peraturan pemerintah yang melarang proses pembelajaran secara tatap muka membuat siswa beralih ke belajar daring sebagai solusi untuk tetap mendapatkan materi pembelajaran selama di rumah. Lebih tepatnya kita sebut belajar mandiri dengan berbekal handphone sebagai alat komunikasi.

Dengan alat kita akan mudah belajar bahasa Inggris melalui Google. Seiring berjalannya waktu, siswa menikmati belajar dengan santai dan nyaman dengan daring.

Dengan belajar daring, tugas sekolah lebih longgar waktunya karena kegiatan pembelajaran berlangsung di rumah sendiri. Siswa dapat terbantu dengan Google sebagai mesin penelusur yang paling canggih.

Siswa yang aktif lebih tertantang selama proses belajar berlangsung. Keuntungan yang kedua dari proses pembelajaran daring adalah lebih fleksibel.

Hal ini menjadi salah satu kelebihan belajar daring di banding belajar tatap muka. Belajar daring memungkinkan siswa mengatur waktu belajar sendiri sehingga dapat mencari tingkat kesulitan materi melalui digital.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved