Breaking News:

Guru Berkarya

Menanamkan Konsep Multikultural dengan Multimedia Interaktif

Pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif ini telah dilaksanakan oleh SD Negeri Toso 2 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang

Editor: abduh imanulhaq
IST
Dwi Pilih Wijayanti SPdSD, Guru SDN Toso 02 Kec Bandar Kab Batang 

Oleh: Dwi Pilih Wijayanti SPdSD, Guru SDN Toso 02 Kec Bandar Kab Batang

INDONESIA merupakan negara multikultural yang kaya akan keragaman suku, budaya, serta bahasa. Keanekaragaman kultur budaya yang berbeda dari tiap-tiap daerah tersebut saling berpadu serta bersinergi bersama untuk memunculkan entitas dan identitas relik budaya nasional dalam naungan Bhineka Tunggal Ika.

Keanekaragaman budaya di Indonesia juga memberikan marka tersendiri bagi masyarakat Indonesia yang kemudian juga dikenal dengan sebutan masyarakat multikultural, yaitu sekelompok orang atau komunitas yang tinggal di suatu lingkungan atau wilayah tertentu dengan berbagai perbedaan individual serta budaya (Suparlan, 2002). Sebagai wujud serta upaya untuk dapat menghargai adanya multikulturalisme dalam masyarakat tersebut, diperlukan suatu kajian ilmu pengetahuan yang dapat ditanamkan sejak dini kepada peserta didik.

Hal tersebut bertujuan agar peserta didik sebagai tunas-tunas muda bangsa dan negara Indonesia mampu memiliki semangat nasionalisme dan toleransi yang tinggi. Salah satu realisasi dari adanya harapan kegiatan tersebut adalah dengan mendekatkan konsep multikulturalisme bangsa Indonesia kepada pembelajaran bagi peserta didik di jenjang Sekolah Dasar, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran interaktif atau multimedia interaktif.

Multimedia interaktif merupakan media pembelajaran yang berupaya untuk menggabungkan elemen-elemen media (materi tekstual, visual, audio, maupun audio tekstual) ke dalam bentuk software (Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S., 2019). Pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif ini telah dilaksanakan oleh SD Negeri Toso 2 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang pada mata pelajaran tematik Kelas IV tepatnya Tema 1 Indahnya Keberagaman Subtema 2 Keberagaman Budaya Bangsaku Kompetensi dasar 1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Tema 1 Subtema 2 KD 1.4 tersebut dipilih karena mampu memberikan edukasi kepada peserta didik secara lebih lengkap dan menyeluruh. Hal ini terkait dengan adanya keanekaragaman budaya atau kulturalisme di Indonesia sehingga mampu menumbuhkan toleranasi serta nasionalisme berbengsa dan bernegara.

Multimedia interaktif dinilai efektif untuk menjadi bahan ajar bagi kelas IV SD karena menjawab berbagai karakteristik dan kecenderungan psikologis peserta didik pada usia tersebut untuk belajar dengan cara yang menyenangkan, yaitu melalui gambar atau video. Melalui multimedia interaktif tersebut, peserta didik dapat secara langsung mendengarkan ataupun menyaksikan secara langsung video maupun audio yang menunjukkan keanekaragaman kultural masyarakat Nusantara.

Penggunaan multimedia interaktif ini juga dilandasi oleh adanya kemajuan serta perkembangan teknologi digital yang semakin pesat. Selain itu, media ini juga dipilih sebagai bahan ajar yang tepat untuk mengenalkan kekayaan kultural di Indonesia karena berbentuk fleksibel (software) sehingga dapat diakses melalui berbagai jenis perangkat.

Terlebih saat ini masyarakat Indonesia dihadapkan oleh permasalahan pendidikan baru karena adanya Covid-19 yang hampir melumpuhkan seluruh kegiatan atau aktivitas belajar mengajar di sekolah. Pembelajaran memerlukan adanya media yang inovatif dan adaptif terhadap berbagai perubahan serta kemajuan teknologi digital.

Pada realisasinya penggunaan multimedia interaktif pada pelajaran tematik kelas IV Subtema 2 mengenai keanekaragaman multikultural di SD Negeri Toso 2 dapat dilaksanakan secara efektif. Kemudahan akses serta kemampuan guru untuk menyajikan ilmu pengetahuan mengenai masyarakat kultural di Indonesia dalam bentuk yang menarik dan interaktif telah menjadi jawaban pentingnya media ini dalam pembelajaran. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved