Breaking News:

Berita Bisnis

Realisasi Investasi Jateng 2021 Masih Separuh Dari Target

Berbagai materi mengenai investasi di bidang properti dibahas dalam acara Tribun Fokus bertema Cerdas Berinvestasi di Masa Pandemi

Penulis: budi susanto | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Budi Susanto
Supriharjiyanto Kepala Bidang Pengaduan dan Pelayanan DPMSPT Provinsi Jateng, saat mengikuti Tribun Fokus bertema Cerdas Berinvestasi di Masa Pandemi, yang digelar melalui virtual pada Rabu (14/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Berbagai materi mengenai investasi di bidang properti dibahas dalam acara Tribun Fokus bertema Cerdas Berinvestasi di Masa Pandemi, yang digelar melalui virtual pada Rabu (14/10/2021).

Selain menghadirkan pembicara dari DPD REI Jateng, dalam acara juga disi oleh pemateri dari DPMSPT Jateng, DLHK Jateng serta praktisi di bidang properti.

Dalam kesempatan tersebut, Supriharjiyanto Kepala Bidang Pengaduan dan Pelayanan DPMSPT Provinsi Jateng, memberi penjelasan mengenai performa investasi Jateng sebelum dan saat pandemi.

Menurutnya, sebelum pandemi pada 2016 target investasi Jateng mencapai Rp Rp 27,55 triliun dan realisasi target di angka Rp 38,18 triliun.

“Artinya target terpenuhi dengan prosentase sekitar 139 persen pada tahun itu. Realisasi investasi terus meroket sampai 2019, di mana capaian realisasi investasi mencapai Rp 59,50 triliun dengan target Rp 47,42 triliun atau prosentasenya 125 persen dari target awal,” ujarnya, Kamis (114/10/2021).

Dilanjutkannya, capaian tersebut bisa terealisasi karena sumbangsih dari berbagai sektor termasuk properti yang ada di Jateng.

“Meski pada 2020 target invastasi turun yaitu Rp 24,89 triliun karena berbagai sektor dihantam pandemi, namun capaian realisasi year on year paling tinggi di angka 202 persen, dengan realisasi Rp 50,24 triliun,” katanya.

Untuk tahun ini pada 2021 semester pertama, Supriharjiyanto menjelaskan, realisasi investasi masih mencapai 47,2 persen dari target Rp 53,53 triliun dengan realisasi Rp 25,28 triliun.

“Tentunya kami optimis target bisa terpenuhi, karena dari data tersebut iklim investasi Jateng sangat baik,” paparnya.

Untuk mendongkrak investasi Jateng, Supriharjiyanto menuturkan, Pemprov tengah mempersiapkan berbagai wacana dan implementasinya.

“Implementasi untuk mendongkrak investasi sudah kami persiapan di tahun ini. Termasuk insentif untuk pelaku usaha, termasuk untuk developer properti yang mungkin bisa menarik investasi masuk ke Jateng,” kata Supriharjiyanto.

Penyerderhanaan perizinan dengan tujuan efektifitas waktu dengan harapan memberikan pelayanan maksimal juga akan dilakukan.

“Penyederhanaan perizinan juga kami lakukan dengan harapan bisa melayani para investor secara maksimal,” tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved