Breaking News:

Berita Semarang

Semarang Dinilai Berhasil Hadapi Pandemi Dengan Sistem Kota Cerdas

Kota Semarang dinilai sukses dalam memaksimalkan pemanfaatan tekhnologi untuk melakukan percepatan penanganan covid-19 di masa pandemi.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: galih permadi
humas pemkot semarang
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi didapuk menjadi sebagai salah satu pembicara dalam kegiatan Indo Smart City Forum dan Expo 2021. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kota Semarang dinilai sukses dalam memaksimalkan pemanfaatan tekhnologi untuk melakukan percepatan penanganan covid-19 di masa pandemi.

Atas pencapaian tersebut, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi didapuk menjadi sebagai salah satu pembicara dalam kegiatan Indo Smart City Forum dan Expo 2021.

Bertempat di The Rich Jogja Hotel, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu pun memaparkan konsep pembangunan sistem kota cerdas yang digagasnya, Rabu (13/10).

Wali Kota Semarang tersebut sendiri menekankan bahwa inti pembangunan kota cerdas tidak melulu berorientasi pada pemutakhiran tekhnologi.

Menurut Hendi, seperti hal nya yang dikerjakan di Kota Semarang, pembangunan sistem kota cerdas fokus dalam peningkatan kemampuan pemerintah untuk dapat memahami persoalan masyarakat, dan memberikan solusi.

“Di Semarang, kota cerdas tidak hanya tentang digitalisasi, namun cerdas dalam memahami persoalan masyarakat,” tegas Hendi.

“Contohnya, dalam menghadapi pandemi diperlukan langkah yang tegas.

Ketika wilayah kesehatan diserang, sistem kota cerdas harus mampu mengintegrasikan data ketersediaan tempat tidur rumah sakit secara menyeluruh, juga termasuk tempat isolasi terpusat dari mulai tingkat kota hingga di balai - balai RW,” paparnya.

Di sisi lain, Hendi juga menegaskan bahwa pembangunan kota cerdas tidak harus mencontoh daerah lain, karena setiap wilayahan mempunyai tantangan dan karakteristik yang berbeda.

Termasuk di Kota Semarang, Hendi mengaku juga tidak mencontoh smart city di Australia atau Singapura, karena pasti membutuhkan uang yang tidak sedikit dalam pembangunannya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved