Breaking News:

Teknologi

Telkom Dukung Digitalisasi UMKM Naung Songket Agar Naik Kelas

Melihat prospek usaha penjualan kain songket desa Sukarara via online cukup menjanjikan, terbentuklah UMKM Naung Songket.

Editor: m nur huda
Istimewa
Direktur Enterprise and Business Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Edi Witjara (paling kanan) didampingi EVP Divisi Business Service Telkom Syaifudin (paling kiri) saat melakukan kunjungan di workshop UMKM Naung Songket yang diterima oleh pemilik UMKM Naung Songket Marhayani (tengah) di Lombok pada Jumat (8/10). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Sukarara adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Desa ini sebagian besar penduduknya bersuku Sasak dan juga terkenal sebagai salah satu desa penghasil kain songket terbaik di Lombok.

Salah seorang ibu yang juga berprofesi sebagai pengrajin kain songket tersebut mengeluh bahwa peminat dari kain-kain ini sangat minim, entah dari kalangan wisatawan maupun warga lokal.

Berangkat dari keluhan itu, Marhayani mulai mengunggah foto-foto kain songket hasil tenunan ibu-ibu di desa Sukarara di sosial media facebook.

Melihat prospek usaha penjualan kain songket desa Sukarara via online cukup menjanjikan, terbentuklah UMKM Naung Songket.

Pada Jumat (8/10) lalu, Diretur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara didampingi EVP Divisi Business Service Telkom Syaifudin, EVP Divisi Enterprise Service Telkom M. Salsabil, EVP Telkom Regional V Area Jawa Timur-Bali-Nusa Tenggara Pontjo Suharwono dan Deputy EGM Divisi Service Delivery Assurance Toto Rudiarto mengunjungi UMKM Naung Songket, Lombok.

Melalui keterangan tertulisnya, disampaikan bahwa kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan lanjutan di Lombok, di antaranya visit ke Cable Landing Station (CLS) Mandalika serta menyaksikan penandatanganan PKS antara Telkom, ITDC, dan MGPA untuk persiapan kegiatan MotoGP dan event besar lainnya yang akan didukung penuh oleh TelkomGroup.

Tak hanya itu, Edi WItjara juga berkesempatan berdiskusi dengan Ketua DPD Masata (Masyarakat Sadar Wisata) NTB Askar Dg Kamis dan pemilik homestay Tanawu House Ernanda Agung Dewobroto, yang aktif mengembangkan potensi pariwisata di NTB bersama TelkomGroup melalui tranformasi digital.

Pada awal kunjungannya, Edi Witjara menerima penjelasan dari Marhayani selaku pemilik UMKM Naung Songket mengenai proses produksi tenun songket, dan jenis produk yang dihasilkan.

Dalam diskusi bersama UMKM, Masata dan Tanawu Homestay, Edi Witjara menyampaikan pentingnya kolaborasi dari seluruh stakeholder pengelola UMKM dan pariwisata di NTB untuk bersama-sama maju dan naik kelas dalam meningkatkan daya saing Mandalika sekaligus NTB secara keseluruhan dalam menghadapi event-event internasional ke depan.

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada UMKM, Masata, dan pengelola homestay, Telkom memberikan plakat dan paket layanan layanan SooltanNet serta paket digitalisasi sebagai salah satu toolset digital di samping memberikan pemahaman mindset digital dan skill set digital.

Melanjutkan semangat “Growing Together”, Telkom Indonesia melalui Divisi Business Service berkomitmen untuk melahirkan “Sooltan UMKM” yang dapat bersaing di tingkat lokal, nasional, maupun global melalui transformasi digital.(*

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved