Breaking News:

Berita Video

Video Pengusaha Mebel Dapat Mencari Peluang Ekspor Baru Setelah Mengikuti Program ECP

Program Export Coaching Program (ECP) di wilayah Jawa Tengah membuahkan hasil.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Berikut ini video Pengusaha Mebel Dapat Mencari Peluang Ekspor Baru Setelah Mengikuti Program ECP

Program Export Coaching Program (ECP) di wilayah Jawa Tengah membuahkan hasil.

Hasil pelatihan tersebut satu diantara peserta yakni Christianto Prabawa selaku CEO CV Mebel International dapat mencari peluang baru dan mengirimkan produk funiture pertama kalinya ke pasar non tradisional yaitu negara Uni Emirat Arab (UEA) tepatnya Dubai. 

Hal ini dilakukan setelah mengikuti program yang diselenggarakan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan dengan Disperindag Provinsi Jawa Tengah.

Christianto mengatakan selama ini hanya di market tradisional yakni negara Inggris dan Amerika. Market tersebut sangat besar dan banyak diminati para eksportir.

"Melalui pelatihan ECP  kami dilatih mencari sisi lain. Apakah bisa masuk ke pasar lain yang poinnya kecil dan kompetitornya belum banyak," ujar dia, saat  pelepasan ekspor perdana Indoor wooden funiture ke UEA di Kawasan Industri Tambak Haji, Rabu (13/10/2021).

Menurutnya, selama ikut ECP dilatih untuk membuat daftar potensial buyer. Selain itu dilatih cara menyortir dan menemukan orang yang tepat sebagai buyer.

"Kami tidak bisa asal nyebar brosur maupun suplier atau penembak jitu. Dengan ikut ECP bisa mengisi pasar-pasar non tradisional," tutur dia.

Menurut dia, selama menjadi eksportir pasar UEA masih baru dijajakinya. Dirinya belum banyak mengenal impotir atau buyer di negara tersebut.

"Inilah kesulitan yang kami alami. Mereka juga banyak mengenal CV Mebel Internasional apakah perusahaan tersebut broker atau benar-benar pabrik. Kami harus meyakinkan mereka agar percaya dengan cara mengirimkan portofolio," jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved