Breaking News:

Guru Berkarya

Media Pembelajaran Interaktif Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi

Corona Virus Desease 2019 mengubah semua aspek kehidupan bangsa Indonesia, terutama bidang pendidikan.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Alfiah SPdI, Guru SDN Sinomwidodo 01 Kec Tambakromo Pati 

Oleh: Alfiah SPdI, Guru SDN Sinomwidodo 01 Kec Tambakromo Pati

PANDEMI mengubah semua aspek kehidupan bangsa Indonesia, terutama bidang pendidikan. Respons yang cepat diketahui dengan adanya Surat Edaran Mendikbud RI, Nomor 36962 /MPK.A/HK/2020 mengenai pembelajaran yang dilakukan melalui sistem online tanpa tatap muka (daring) dalam rangka mencegah perluasan tersebarnya Covid-19.

Penggunaan media pembelajaran yang tidak efektif akan berakibat pada kurang berhasilnya pembelajaran terutama pada masa pandemi ini. Seperti halnya yang dialami siswa SDN Sinomwidodo 01 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati, hasil belajar siswa di bawah KKM.

Penggunaan gadget di kalangan anak masih jauh dari manfaat untuk pembelajaran. Siswa banyak memanfaatkan gadget untuk mengakses media sosial, game online, bahkan mengakses situs yang mengandung pornografi.

Kebiasaan anak tersebut menjadi keprihatinan bagi guru dan masyarakat. Guru sebagai pendidik mempunyai kewajiban untuk mengarahkan siswa untuk menggunakan gadget secara bijak dan benar.

Berdasarkan latar belakang masalah di atas penulis mengembangkan inovasi pembelajaran berupa media memanfaatkan TIK yang mengajarkan konsep tentang pembelajaran di SD khususnya pada Mata Pelajaran PAI Sekolah Dasar. Inovasi ini menggunakan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) yang merupakan perpaduan antara audio, video, power point dan animasi lain sehingga pembelajaran pada masa pandemi menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

Media pembelajaran interaktif adalah suatu sistem penyampaian pengajaran yang menyajikan materi video rekaman dengan pengendalian komputer kepada penonton (siswa) yang tidak hanya mendengar dan melihat video dan suara melainkan juga memberikan respon yang aktif, dan respon itu yang menentukan kecepatan dan sekuensi penyajian Seels & Glasgow (Arsyad, 1997:36). Media pembelajaran interaktif yang dimaksudkan adalah berbentuk Compact-Disk (CD).

Media ini disebut CD Multimedia Interaktif. Disebut multimedia dikarenakan media ini memiliki unsur audiovisual (termasuk animasi). Disebut interaktif karena media ini dirancang dengan melibatkan respons pemakai secara aktif (Widyartono, 2009).

Adapun Rancangan/Desain Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif adalah Perencanaan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Di sini guru harus mempunyai inisiatif untuk memperbaiki kondisi tersebut agar konsep pembuatan MPI dikuasai oleh siswa.

Guru merasa sumber belajar dan media pembelajaran sangat kurang. Guru hanya menggunakan buku siswa yang belum sesuai dengan kelengkapan perangkat pembelajaran yang benar. Berdasarkan ide dasar tersebut, karya inovasi pembelajaran ini adalah pengembangan media pembelajaran.

Media pembelajaran yang akan dikembangkan adalah MPI yaitu Media Pembelajaran Interaktif yang dapat diakses melalui laptop maupun gadget. Keberhasilan pembelajaran akan diukur melalui ketercapaian siswa dalam memahami nilai-nilai Pancasila.

Desain MPI merupakan media digital dengan basis powerpoint. Desain media MPI adalah; pertama slide powerpoint, kedua animasi, ketiga penjelasan materi, keempat kuis interaktif, dan kelima sound efek.

Alat dan bahan yang digunakan dalam inovasi pembelajaran ini adalah aplikasi Powerpoint, jaringan internet., browser internet, aplikasi perekam suara, laptop atau gadget. Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan media MPI hampir tidak membutuhkan biaya.

Hanya butuh ketekunan dari guru untuk merancang dan mengaplikasikan menjadi sebuah karya. Dengan adanya MPI diharapkan setidaknya bisa sedikit mengurangi dampak tidak ada pembelajaran tatap muka. MPI dinilai sangat efektif untuk pembelajaran PAI dan pembelajaran lainnya di SDN Sinomwidodo 01 dibuktikan prestasi belajar meningkat dengan hasil nilai di atas KKM. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved