Breaking News:

Guru Berkarya

Pahami Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Jembatan Keledai

Makhluk hidup merupakan objek kajian biologi yang memiliki jenis beranekaragam dan memiliki karakteristik yang dapat membedakan.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Ning Budiarti SPd, Guru SMPN 3 Kesesi Kab Pekalongan 

Oleh: Ning Budiarti SPd, Guru SMPN 3 Kesesi Kab Pekalongan

MAKHLUK hidup merupakan objek kajian biologi yang memiliki jenis beranekaragam dan memiliki karakteristik yang dapat membedakan satu jenis dengan jenis yang lain. Untuk memudahkan serta menyederhanakan dalam mempelajari kajian biologi tersebut para ahli sepakat untuk melakukan klasifikasi.

Menurut D.A. Pratiwi dkk (2000) klasifikasi merupakan suatu cara yang sistematis dalam mempelajari suatu objek (makhluk hidup) dengan mempertimbangkan persamaan/perbedaan ciri dan sifat yang tampak. Klasifikasi makhluk hidup sendiri telah diajarkan pada siswa kelas 7 SMPN 3 Kesesi, yaitu pada mata pelajaran IPA KD 3.1 mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda, dengan salah satu indikator dalam pembelajaran siswa dapat mengamati dan memahami tentang kingdom tumbuhan dan hewan.

Untuk mencapai tujuan pembelajaran klasifikasi makhluk hidup, siswa diharapkan mampu memiliki pemahaman yang baik terhadap materi. Kondisi di lapangan justru menggambarkan bahwasannya siswa sulit dalam mengamati serta memahami materi klasifikasi makhluk hidup.

Terutama yang berkaitan dengan mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan kingdom tumbuhan dan kingdom hewan. Kondisi ini tergambarkan ketika di akhir pembelajaran guru melakukan penugasan dan review materi, masih banyak siswa yang menjawab soal dengan jawaban yang masih tidak tepat.

Hal ini terjadi dikarenakan oleh beberapa faktor. Selainkondisi belajar yang masih secara daring serta tingkat kefokusan setiap siswa dalam belajar berbeda-beda, dapat juga disebabkan oleh pengemasan pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih kurang menarik.

Oleh karena itu, guru dianjurkan untuk menciptakan metode pembelajaran yang menarik. Selain itu juga dapat mempermudah siswa dalam mempelajari dan memahami materi khususnya yang berkaitan dengan klasifikasi makhluk hidup.

Salah satu strategi yang dilakukan oleh guru yaitu dengan menciptakan jembatan keledai sebagai salah satu metode pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam mengamati serta memahami materi klasifikasi makhluk hidup. Menurut Solso (2008), metode jembatan keledai merupakan sebuah metode yang dapat memudahkan seseorang mengingat dan memahami suatu materi secara lebih efektif dan mudah dengan memberi kata kunci atau dengan menyingkatnya serta dapat menggunakan imaji dan kata.

Dengan menggunakan metode jembatan keledai siswa dapat dengan mudah memahami, menghafalkan serta mengingat materi yang telah diajarkan oleh guru dengan mudah dan efektif. Selain itu mampu menggugah semangat dalam diri siswa.

Adapun hal-hal yang perlu disiapkan oleh guru di antaranya adalah mendalami materi yang akan dipelajari, membuat rangkuman materi pengantar, dan mempersiapkan perencanaan metode jembatan keledai dengan materi mengamati dan memahami kingdom tumbuhan dan hewan yang dituangkan dalam media PPT. Kemudian melengkapi dengan membuat lembar kerja siswa.

Setelah PPT yang berisi materi pengantar serta jembatan keledai selesai, guru mempersentasikan kepada siswa serta membagikan kepada masing-masing siswa agar bisa dipelajari ketika belajar mandiri. Kemudian untuk mengukur tingkat pemahaman siswa guru membagikan lembar kerja siswa.

Berdasarkan hasil tanya jawab di akhir pembelajaran serta hasil jawaban lembar kerja siswa yang telah dikerjakan oleh masing-masing siswa, menggambarkan bahwa siswa jauh lebih memahami materi klasifikasi makhluk hidup. Hal ini terlihat dari hasil jawaban siswa ketika menjawab pertanyaan dari guru serta hasil jawaban LKS yang mayoritas sudah tepat. Dengan ini maka dapat disimpulkan bahwa mengklasifikasikan makhluk hidup dengan metode jembatan keledai lebih efektif dan efisien. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved