Breaking News:

Berita Banjarnegara

Peternak Ayam Petelur di Banjarnegara Kian Terpuruk, Paryo Minta Pemerintah Turun Tangan

Peternak ayam petelur di Kabupaten Banjarnegara semakin terpuruk. Ini lantaran harga telur tak kunjung membaik dalam beberapa minggu terakhir. 

Penulis: khoirul muzaki | Editor: Catur waskito Edy
khoirul muzaki
Peternak ayam petelur di Desa Winong Kecamatan Bawang, Banjarnegara 

TRIBUNBANYUMAS. COM, BANJARNEGARA -- Peternak ayam petelur di Kabupaten Banjarnegara semakin terpuruk. Ini lantaran harga telur tak kunjung membaik dalam beberapa minggu terakhir. 

Ini berbanding terbalik dengan harga pakan yang justru melambung. Jika kondisi ini berlarut, peternak terancam gulung tikar. 

Paryo, peternak asal Desa Winong Kecamatan Bawang, Banjarnegara, termasuk satu di antara yang masih berusaha mempertahankan usahanya.  Meski ia sebenarnya berat memertahankan. 

Ia bahkan keberatan untuk menutup biaya operasional tiap hari. Ini termasuk masa tersulit sepanjang ia menjalani usaha ternak ayam.   

Anjloknya harga telur memang lazim terjadi pada musim-musim tertentu, namun tak separah kali ini. 

"Tahun lalu pernah, sampai harga Rp 17 ribu perkilogram. Tapi paling hanya sebulan, " katanya, Sabtu (16/10/2021) 

Tahun ini kondisinya jauh lebih parah. Ia merasakan harga telur anjlok mulai Agustus 2021 lalu.  Hingga memasuki minggu ketiga Bulan Oktober ini, belum ada tanda-tanda harga telur membaik.  Ia pun tak mengetahui musabab anjloknya harga telur bertahan cukup lama. 

Ia membandingkan, saat harga telur anjlok tahun lalu di kisaran Rp 17 ribu, harga konsentrat masih Rp 380 ribu perkarung. Harga jagung giling untuk campuran pakan juga maksimal di angka Rp 5500 perkilogram. 

Tetapi di tahun ini, saat harga telur anjlok di titik terendahnya, harga pakan kian tak terjangkau. Harga konsentrat dengan merk sama saat ini mencapai Rp 430 ribu. 
Harga jagung giling juga sempat mencapai Rp 6300 perkilogram. Padahal bahkan pakan itu wajib terpenuhi tiap hari. 

Untuk kebutuhan jagung saja, ia membutuhkan 1 kuintal setiap harinya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved