Breaking News:

Berita Pekalongan

Antisipasi Banjir, Petugas Gabungan Bersihkan Enceng Gondok di Sungai Bremi Pekalongan

Petugas gabungan yang terdiri dari BPBD, DLH, DPUPR, dan masyarakat Kota Pekalongan bergotong-royong membersihkan enceng gondok

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: galih permadi
Dok Kominfo Kota Pekalongan
Gambar udara pembersihan enceng gondok di Sungai Bremi Pekalongan 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Petugas gabungan yang terdiri dari BPBD, DLH, DPUPR, dan masyarakat Kota Pekalongan bergotong-royong membersihkan enceng gondok yang ada di aliran Sungai Bremi Kelurahan PasirKratonKramat, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Sabtu (16/10/2021).

Enceng gondok ini menutupi permukaan aliran Sungai Bremi dan dikhawatirkan mengganggu aliran sungai.

"Pembersihan ini sifatnya rutin, karena sungai yang ditumbuhi enceng gondok ini menghambat arus sungai. Dalam pembersihan enceng gondok ini, kami bergotong-royong dengan masyarakat," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekalongan Saminta.

Menurut Saminta, pembersihan enceng gondok ini dilakukan agar saluran air di sungai lancar dan tidak ada yang tersumbat.

"pembersihan tanaman eceng gondok untuk mengantisipasi supaya air sungai tidak meluap saat musim hujan. Sebab jika air sungai tersebut meluap, maka akan meluber kawasan pemukiman warga," ujarnya.

Kerja bakti pembersihan eceng gondok kali ini juga memanfaatkan alat berat berupa dump truck dan excavator dari DPUPR.

"Harapannya ini dapat lebih optimal dalam melakukan pembersihan eceng gondok," imbuhnya.

Saminta meminta agar warga sekitar Sungai Bremi ini peka dengan lingkungannya, jadi kalau bisa dapat melakukan pembersihan secara berkala. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved