Breaking News:

Guru Berkarya

Gallery Walk Melatih Siswa Mempelajari Makhluk Hidup

Mata pelajaran IPA bersentuhan langsung keilmuannya dengan lingkungan hidup.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Suharyono SPdSD, Guru SDN 02 Kajen Kabupaten Pekalongan 

Oleh: Suharyono SPdSD, Guru SDN 02 Kajen Kabupaten Pekalongan

PEMBELAJARAN merupakan proses kegiatan guru untuk membimbing dan menyediakan berbagai kesempatan serta mendorong siswa untuk terus belajar. Tujuan pembelajaran adalah memperoleh pengalaman yang sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik termasuk pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam (IPA) pada jenjang pendidikan dasar.

Salah satu mata pelajaran dengan disiplin ilmu yang sangat kompleks dan berhubungan dengan makhluk hidup adalah IPA terutama penyampaian materi jenjang pendidikan dasar. Mata pelajaran IPA bersentuhan langsung keilmuannya dengan lingkungan hidup.

Pemberian langsung untuk mengembangkan kompetensi siswa pada pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar, bertujuan juga agar siswa dapat menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Hamalik (1994: 69) menjelaskan bahwa manfaat dari pengetahuan tersebut berguna memberikan kemudahan bagi siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara aktif dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.

Pemahaman konsep yang kuat bagi siswa menjadi solusi yang ideal bagi pelaksanaan pembelajaran IPA dan perlu ditunjang dengan pengamatan dan percobaan untuk lebih mematangkan. Kompetensi dasar (KD 3.3) tentang menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan dapat dijadikan sarana dalam melakukan pengamatan dan percobaan.

Permasalahan dalam pembelajaran IPA yang terjadi di SDN 02 Kajen Kabupaten Pekalongan hampir sama seperti permasalahan pembelajaran pada umumnya, yaitu dominan masih berpusat pada metode ceramah. Penggunaan metode pembelajaran masih terkesan kuno dan konvensional sehingga menyebabkan siswa mengalami kejenuhan, kebosanan dan tidak fokus dengan pembelajaran.

Hal ini berdampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa kurang maksimal. Permasalahan tersebut harus segera diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat.

Metode pembelajaran akan memudahkan guru dalam menyampaikan pembelajaran. Sutikno (2009) mengatakan metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan.

Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan yaitu metode gallery walk. Menurut Ismail SM, (2011: 89) metode Gallery walk (pameran berjalan) atau disebut juga galeri belajar merupakan suatu cara untuk menilai dan mengingat apa yang telah siswa pelajari.

Langkah pembelajaran menggunakan metode ini dimulai guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-6 orang). Kertas plano atau flip cart dibagikan kepada setiap kelompok.

Kompetensi dasar digunakan guru untuk menentukan topik dalam pembahasan. Diskusi tentang penyesuaian makhluk hidup dimulai setelah guru memberikan aba-aba dan batasan waktu.

Hasil karya yang telah diselesaikan, ditunjukkan kepada kelompok lain. Semua anggota kelompok bertugas untuk mengamati hasil karya orang lain dann memberikan penilaian.

Menjelang akhir pembelajaran, siswa mempersiapkan penialian hasil karya kelompok lain dan membuat komentar. Guru mengajak semua siswa untuk membuat kesimpulan atas materi yang telah dibahas dan guru memberikan penguatan materi tersebut.

Penerapan metode pembelajaran gallery walk pada mata pelajaran IPA kelas VI di SDN 02 Kajen Kabupaten Pekalongan mendapatkan hasil yang maksimal. penggunaan metode nampak dapat meningkatkan hasil belajar siswa.. Hasil belajar siswa awalnya rata-rata hanya sebesar 65,84 dan persentase ketuntasan sebesar 57%.

Hasil belajar rata-rata meningkat sebesar 86,875 dan persentase ketuntasan sebesar 87% dari tingkat ketuntasan nilai 70. Hasil belajar siswa meningkat secara optimal sesuai dengan harapan dari siswa dan guru. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved