Breaking News:

Guru Berkarya

Implementasi Media 'Lagi Aksi Dimas' dalam Pembelajaran IPS

Dari hasil pengamatan tersebut, siswa di minta untuk menuliskannya dalam bentuk laporan.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Sri Mujiwanti SPd, Guru SDN Jrahi 01 Kab Pati 

Oleh: Sri Mujiwanti SPd, Guru SDN Jrahi 01 Kab Pati

PEMBELAJARAN dari sudut pandang aliran humanistik menempatkan guru sebagai pembimbing. Guru mengarahkan siswa agar dapat mengaktualisasikan dirinya untuk mewujudkan potensi yang ada pada siswa.

Siswa harus melakukan sesuatu berdasarkan inisiatifnya, maka siswa perlu berperan sebagai pelaku utama atau student center (Sani, 2014:24-26). Berdasarkan kutipan di atas dapat dipahami bahwa dalam pembelajaran dibutuhkan usaha sadar dari pendidik untuk membuat siswa melakukan proses belajar sehingga timbul perubahan tingkah laku pada diri siswa yang belajar sehingga memungkinkan terjadinya peningkatan kualitas pembelajaran yang optimal.

Sayang, di masa pandemi pelaksanaan pembelajaran daring belum optimal seperti yang diharapkan. Permasalahan yang timbul di antaranya adalah kejenuhan dari sistem belajar yang hanya memberi tugas dari buku siswa.

Dari permasalahan tersebut dapat digunakan alternatif solusi yakni Implementasi Media Lagi Aksi dimas (Lagu Interaksi Sosial di Masyarakat) dalam Pembelajaran IPS.

Media “Lagi Aksi Dimas” digunakan untuk mengajarkan Kompetensi Dasar (K.D) 3.2 menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia pada kelas V khususnya muatan pembelajaran IPS. Dalam pembelajaran dengan mengimplementasikan media “Lagi Aksi Dimas”  terjadi kegiatan mengamati langsung keadaan sekitar sehingga terjadi proses belajar bermakna dalam rangka mendapatkan informasi. 

Selain itu telah terjadi pembelajaran yang efektif, sebab siswa mencari sendiri informasi tentang materi yang sedang dipelajari. Selain itu siswa mendapatkan pengalaman kegiatan belajar secara beragam tidak hanya mendengarkan penjelasan guru dan mengerjakan soal-soal.

Mereka juga melakukan aktivitas lain seperti mengamati, menggali informasi dari sumber di sekitar tempat tinggalnya. Kemudian menuangkan informasi yang diperolehnya dalam bentuk laporan.

Ada beberapa langkah pembelajaran dalam mengimplementasikan media “Lagi Aksi Dimas”. Pertama, guru menginformasikan jadwal pembelajaran daring melalui Whatsapp grup.

Kegiatan dilanjutkan dengan membagikan kartu lagu dan rekaman lagu melalui googleclassrom atau platform LMS lain yang digunakan guru. Kemudian guru memberikan persoalan bentuk-bentuk interaksi apa saja yang ada di sekitar tempat tinggal siswa, lalu mengelompokkannya dalam jenis interaksi asosiatif atau disosiatif.

Kemudian Siswa mempelajari kartu lagu dan rekaman lagu, dilanjutkan menyelesaikan persoalan dari guru. Berikutnya guru meminta siswa menyanyikan lagu yang telah diberi secara mandiri dan melakukan pengamatan berdasarkan persoalan yang diberikan oleh guru.  

Dari hasil pengamatan tersebut, siswa diminta untuk menuliskannya dalam bentuk laporan. Format laporan dapat dikirim melalui google classrom.

Selanjutnya, laporan yang dibuat siswa dan dikirim ke LMS akan dievaluasi oleh guru. Sebagai langkah terakhir guru memberikan apresiasi dan penguatan  terhadap hasil pekerjaan siswa.

Penguatan tersebut dapat dikirim secara pribadi dari guru ke siswa untuk meningkatakan motivasi belajar. Seteleh melakukan pembelajaran menggunakan media “Lagi Aksi Dimas” siswa menjadi senang, antusias, dan lebih aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa juga mengalamai peningkatan.

Dari hasil tindakan tersebut,  dapat disimpulkan bahwa penggunaan media “Lagi Aksi Dimas” Pada K.D 3.2 Muatan Pembelajaran IPS dikelas V dapat  melatih keterampilan guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran inovatif. Kemudian meningkatakan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di kelas serta memberikan pengalaman belajar yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan pemahaman, aktivitas, minat, hasil belajar dan kreativitas. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved