Breaking News:

Berita Pekalongan

Kinerja PDAM Pekalongan Diapresiasi DPRD

Capaian kinerja Perumda Air Minum Tirta Kajen, diapresiasi positif oleh Komisi II DPRD.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Dok. Perumda Tirta Kajen
Perumda Tirta Kajen saat rapat bersama dengan Komisi ll DPRD Kabupaten Pekalongan. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Capaian kinerja Perumda Air Minum Tirta Kajen, diapresiasi positif oleh Komisi II DPRD Kabupaten Pekalongan.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Kajen, Nu

Perumda Tirta Kajen saat rapat bersama dengan Komisi ll DPRD Kabupaten Pekalongan.
Perumda Tirta Kajen saat rapat bersama dengan Komisi ll DPRD Kabupaten Pekalongan. (Dok. Perumda Tirta Kajen)

r Wachid mengatakan, pendapatan Perumda Air Minum Tirta Kajen setiap tahun trennya selalu mengalami kenaikan.

Bahkan untuk tahun 2021 ini per tanggal 30 September capaiannya sudah hampir mendekati 100 % dari target yang ditetapkan.

"Alhamdulillah kami mendapatkan apresiasi dari Komisi ll DPRD atas kinerja yang dilakukan. Apresiasi itu diungkapkan saat rapat kerja dengan anggota dewan pada pembahasan penyertaan modal dan realisasi pendapatan asli daerah (PAD) beberapa hari yang lalu," kata Direktur Perumda Air Minum Tirta Kajen, Nur Wachid saat dihubungi Tribunjateng.com, Minggu (17/10/2021).

Disampaikannya, secara persentase rata-rata peningkatan per tahunnya hampir 40 %. Namun demikian tahun ini, tidak bisa sebesar itu kenaikannya, karena pihaknya melakukan banyak investasi untuk mengikuti program hibah air minum dan tarif program hibah air minum tersebut merupakan tarif rendah karena diperuntukan bagi MBR (Masyarakat Berbasis Rendah), sehingga pendapatan pasti agak menurun.

"Tahun 2020 dan 2019 ada peningkatan dibandingkan tahun 2018. Lalu di tahun ini dibandingkan tahun 2020 juga ada peningkatan, kalau presentasenya hampir 40%," imbuhnya.

Selanjutnya, mengenai laporan pembagian laba kepada pemegang saham (deviden), semua anggota Komisi II DPRD Kabupaten Pekalongan memberikan respon positif terhadap kinerja Perumda Air Minum Tirta Kajen.

"Hanya pesan saja agar ada keberimbangan antara pendapatan dengan cakupan jumlah pelanggan. Dan selama ini hal tersebut sebetulnya telah dilakukan oleh PDAM," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pekalongan Endang Suwarningsih mengatakan, bahwa kinerja PDAM Kajen layak dan pantas untuk mendapatkan apresiasi, karena memang progresnya dari tahun ke tahun selalu bagus.

"Saya berharap, agar ada perluasan coverage pelanggan terutama untuk masyarakat kurang mampu yang sulit mendapatkan air bersih. PDAM harus bisa hadir di situ," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved