Breaking News:

Fokus

Fokus : PON Pembuktian Papua

Usai sudah kemeriahan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua dengan segala kemeriahan dan kenangannya.

Penulis: Erwin Ardian | Editor: Catur waskito Edy
TRIBUNJATENG
Erwin Ardian Pemred Tribun Jateng 

Oleh Erwin Ardian

Wartawan Tribun Jateng

Usai sudah kemeriahan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua dengan segala kemeriahan dan kenangannya. PON XX 2021 Papua resmi ditutup oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Jumat (15/10) malam.

Sempat diragukan, Papua akhirnya membuktikan diri sukses menggelar pelaksanaan PON XX yang disebut-sebut sebagai PON tersulit karena dilakukan jauh dari Pulau Jawa apalagi di tengah masa pandemi Covid-19.

Sebanyak 681 nomor pertandingan telah diselesaikan selama penyelenggaraan PON XX 2021 Papua dimulai sejak 22 September 2021 berakhir pada 14 Oktober 2021.

Kita masih ingat kemeriahan pembukaan PON ketika Presiden RI Joko Widodo bermain sepakbola dengan pemain legendaris Papua Jack Komboy dan anak-anak Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, 2 Oktober 2021.

Dari sisi prestasi, PON Papua bisa dibilang lumayan keren. KONI Pusat mencatat 60 rekor baru tercipta pada PON XX Papua terdiri dari 3 rekor dunia, 19 rekor nasional, dan 38 rekor PON. Luar biasa.

Kontingen Jawa Barat berhasil pulang dengan kepala tegak setelah mempertahankan gelar juara umum. Sebelumnya Jabar adalah juara umum PON 2016. Di Papua Jabar membawa pulang 133 medali emas, 105 medali perak, dan 115 medali perunggu.

Sayangnya prestasi mentereng PON Papua tak diikuti kontingen Provinsi Jawa Tengah. Bagi Jawa Tengah raihan medali di PON Papua kurang menggembirakan. Tak mampu bersaing dengan provinsi tetangga di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, Jabar dan Jatim, Jateng justru kalah dari tuan rumah Papua dan Provinsi Bali.

Jateng harus puas di posisi keenam setelah hanya mampu mengumpulkan 27 emas, 47 perak, dan 64 perunggu. Hasil ini masih di bawah provinsi Bali yag sukses meraih 28 emas, 25 perak, dan 23 perunggu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved