Breaking News:

Guru Berkarya

Metode Think Pair Share Tingkatkan Belajar Volume Tabung

Belajar matematika diera digital dan di masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Amat Durokhim SPd, Guru SDN Salit Kec Kajen Kab Pekalongan 

Oleh: Amat Durokhim SPd, Guru SDN Salit Kec Kajen Kab Pekalongan

BELAJAR matematika di era digital dan di masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri. Belajar merupakan proses tindakan yang dilaksanakan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh yang lainnya.

Tantangan terbesarnya adalah bagaimana menjelaskan, mengevaluasi dan memberi umpan balik pada siswa pada mata pelajaran khususnya mata pelajaran matematika dalam waktu pertemuan yang terbatas. Kemudian terbagi dalam dua mode luring dan daring.

Sisi baiknya, siswa merdeka menggunakan berbagai sumber untuk menguatkan pemahaman materi. Masalah yang dijumpai penulis pada pembelajaran matematika di SD Negeri Salit Kecamatan Kajen di kelas 6 masih banyak siswa yang gagal paham dalam belajar matematika khususnya volume tabung.

Penulis dalam menyelesaikan masalah pembelajaran ini menggunakan metode Think Pair Share pada mata pelajaran matematika pada materi volume tabung. Metode ini dipandang mampu memberikan kemudahan belajar dan kejelasan dalam memahami materi.

Capaian Indikator pembelajaran adalah siswa dapat melakukan simulasi “Mencari Volume Tabung” di Geogebra untuk memahami hubungan jari-jari (r), tinggi (t), dan volume sebuah tabung serta siswa dapat mengeksplorasi geogebra untuk menghitung volume sebuah tabung. Model pembelajaran think pair share adalah pembelajaran di mana siswa bisa bekerja sama untuk memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan mengenai apa yang ditugaskan guru. Sehingga saat think pair share digunakan, siswa memiliki kesempatan untuk interaksi, saling berpikir, dan membantu satu dengan yang lain, terutama dalam mengatasi masalah materi pembelajaran.

Menurut Atik Widarti (2007) bahwa manfaat Think Pair Share adalah siswa bisa memanfaatkan waktu untuk membuat tugas yang telah diberikan dan juga bisa saling berinteraksi lebih lama dalam berdiskusi. Jadi secara tidak langsung akan memberikan penguatan terhadap materi dan kualitas pembelajaran bisa meningkat.

Ada beberapa langkah penerapan think pair share pada pembelajaran volume tabung di kelas 6. Pertama, guru harus bisa mendorong siswa agar kegiatan pembelajaran bisa berjalan.

Pada langkah ini guru mempresentasikan materi volume tabung digoogle classroom atau virtual google meet. Menjelaskan aturan dari metode think pair share serta memberikan arahan waktu pada setiap sesi aktivitas model pembelajaran think pair share.

Kemudian, Langkah Think (Berpikir). Guru mempresentasikan materi atau pertanyaan terkait volume tabung kepada siswa. Pada langkah ini, siswa akan diberi kesempatan waktu untuk berpikir.

Waktu tersebut dimanfaatkan untuk menjawab segala pertanyaan yang diberikan secara mandiri. Pada tahap ini, guru juga harus memahami kemampuan siswa sebelum memberikan pertanyaan atau materi.

Setelah itu, Langkah Pair (Berpasangan). Guru akan membuat grup belajar berpasangan. Guru memberikan arahan bahwa pembuatan grup belajar bisa teman sebangku atau teman lainnya.Ini agar pembelajaran bisa lebih efisien dan efektif.

Selanjutnya siswa akan melakukan diskusi tentang materi, persoalan dan mendapatkan jawaban setelah apa yang telah diutarakan oleh guru. Selanjutnya, langkah Share (Berbagai). Siswa akan mengutarakan jawabanya di depan kelas, ini bisa dilakukan secara individu atau dengan grup.

Terakhir, Langkah Penghargaan. Siswa akan memperoleh apresiasi bisa berbentuk nilai. Berdasarkan pengamatan penulis bahwa terdapat kelebihan saat menerapkan metode ini, di antaranya siswa dapat lebih proaktif dalam aktivitas pembelajaran, rasa tanggung jawab siswa dapat terbangun, dan rasa percaya diri siswa terbangun. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved