Breaking News:

Berita Semarang

Dinsos Jawa Tengah Terapkan Social Guarding Atasi Kemiskinan Ekstrem, Gandeng Instansi Swasta

Pemprov Jawa Tengah fokus pada penanganan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: sujarwo
Dok. Dinsos Jateng
Kepala Dinsos Jateng, Harso Susilo, menandatangani MoU dengan berbagai instansi sebagai bentuk sinergitas percepatan penanganan kemiskinan ekstrem di Kantor Dinsos Jateng, kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemprov Jawa Tengah fokus pada penanganan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah.

Lima daerah sasaran ditargetkan selesai penanganannya pada akhir 2021 ini.

Untuk itu, Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Tengah menjalankan program Social Guarding bersinergi dengan berbagai instansi swasta dan organisasi sosial. Sinergitas tersebut ditandai penandatanganan MoU di Kantor Dinsos Jawa Tengah, Senin (18/10/2021) kemarin.

Kepala Dinsos Jawa Tengah, Harso Susilo mengatakan, percepatan penanganan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah memerlukan bantuan banyak pihak termasuk peran swasta.

Apalagi lima daerah yang menjadi target pengentasan kemiskinan ekstrem dari pemerintah pusat harus selesai pada akhir tahun ini.

Kelima daerah itu adalah Kabupaten Brebes, Banyumas, Pemalang, Banjarnegara dan Kebumen.

"Salah satu cara yang kita lakukan untuk melakukan percepatan dalam pengentasan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah yakni dengan mengajak instansi lain untuk ikut membantu persoalan sosial ini," kata Harso.

Instansi lain yang dimaksud yaitu dari pihak swasta. Mulai dari sektor perbankan, media, tokoh masyarakat sampai mahasiswa.

Nantinya bantuan dari pihak swasta bukan berupa uang melainkan pelatihan atau pemberian keterampilan hidup lainnya.

"Kita tinggal dua bulan lagi actionnya, mau apa dari data di lapangan. Tidak mungkin dari perubahan APBD karena sudah ditetapkan maka kita carikan dana tidak mengikat. Kita ajak semua elemen disini, linier dengan instansinya," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved