DP 0% untuk KPR dan KKB Diperpanjang hingga Akhir 2022

Dengan kebijakan itu, masyarakat bisa menikmati insentif pembelian rumah secara kredit tanpa DP hingga akhir tahun depan.

Editor: Vito
kontan.coi.id
Gubernur BI Perry Warjiyo 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memutuskan memperpanjang ketentuan uang muka atau down payment (DP) 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor (KKB) dan kredit pemilikan rumah (KPR).

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, ketentuan DP 0 persen untuk KKB dan KPR itu masih bisa dinikmati oleh masyarakat hingga 31 Desember 2022 atau hingga akhir tahun depan.

“Kebijakan ini untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dan properti,” katanya, via video conference, Selasa (19/10).

Sejalan dengan hal tersebut, bank sentral juga memperpanjang ketentuan rasio loan to value/financing to value (LTV/FTV) kredit atau pembiayaan properti menjadi paling tinggi 100 persen hingga 31 Desember 2022.

Dengan kata lain, masyarakat bisa menikmati insentif pembelian rumah secara kredit tanpa DP hingga akhir tahun depan.

Ketentuan itupun berlaku untuk semau jenis properti, baik rumah tapak, rumah susun, serta ruko/rukan.

Namun, dengan catatan kebijakan itu berlaku bagi bank yang memenuhi kriteria NPL/NPF tertentu.

Selain itu, BI juga menghapus ketentuan pencairan bertahap properti inden untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor properti.

Meski begitu, Perry menegaskan, keputusan tersebut sudah dipikirkan masak-masak, dan dengan tetap memerhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko. (Kontan.co.id/Bidara Pink)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved