Breaking News:

Berita Banjarnegara

Takmir Masjid Al Iman Desa Petambakan Banjarnegara Galakkan Sedekah Sampah, dari Dosa jadi Pahala

Sedekah tidak hanya berwujud uang. Apapun yang bernilai atau bisa bermanfaat bagi orang lain pun termasuk sedekah

Penulis: khoirul muzaki | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Khoirul Muzaki
Anak-anak Desa Petambakan, Madukara memasukkan sampah di bak penampungan di halaman masjid Al Iman Baitul Hikmah Desa Petambakan 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Sedekah tidak hanya berwujud uang. Apapun yang bernilai atau bisa bermanfaat bagi orang lain pun termasuk sedekah. 

Tidak kecuali sampah yang bisa ditukar rupiah, atau menjadi barang berguna usai diolah.  Inisiatif ini justru muncul dari takmir masjid Al Iman Baitul Hikmah di RT 01 RW 04 Desa Petambakan Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara.

Takmir di masjid itu bukan hanya mengelola dan memakmurkan masjid seperti umumnya. Lebih dari itu, mereka punya semangat untuk melakukan perubahan sosial. 

Afnan Faiz Ibrahim (6 ) mengais botol-botol plastik sisa jajan minumannya di rumahnya ke dalam kantong plastik besar hitam.

Kakaknya, Fatiha Salma Haniyya (9) tak kalah semangat. Ia mengumpulkan aneka macam kardus bekas bungkus produk online yang dibeli bundanya. 

Kakak beradik itu kemudian bergegas menuju halaman masjid Al Iman Baitul Hikmah. Di situ ada lima kotak sampah berjajar. 

Masing-masing bak mewakili jenis sampah yang dipisahkan, yakni plastik, kertas, kaca, kaleng dan kardus.  Anak-anak itu memasukkan sampah yang mereka kumpulkan ke dalam bak sampah yang tersedia. 

Sejak Ramadan tahun 2020 lalu, masjid tersebut menggalakkan program Sedekah Sampah untuk warganya.  Pengelola Sedekah Sampah Ahmad Faesol,  mengatakan, ide membuat Sedekah Sampah berangkat dari keresahan pihaknya karena keberadaan  sampah yang berserak di lingkungan masjid. 

"Lalu saya berpikir bagaimana sampah-sampah ini kalau dikumpulkan di tempat yang kita sediakan, " katanya,  Selasa (19/10/2021) 

Oleh warga, sampah biasanya dibuang atau dibakar hingga menimbulkan pencemaran. 
Ia lantas menyampaikan gagasannya itu ke takmir masjid dan menuai respon positif. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved