Breaking News:

Pertamina

Alasan Kenapa Kendaraan Diesel Anda Dianjurkan Gunakan Dex Series?

ertamina terus mendorong masyarakat menggunakan produk BBM berkualitas, termasuk jenis gasoil yang dikhususkan untuk kendaraan diesel

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: Catur waskito Edy
IST
Pertamina Dorong Kendaraan Diesel Gunakan Dex Series 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Pertamina terus mendorong masyarakat menggunakan produk BBM berkualitas, termasuk jenis gasoil yang dikhususkan untuk kendaraan diesel, yaitu produk Dexlite maupun Pertamina Dex.

Kedua produk Dex Series itu telah teruji mampu menghasilkan performa mesin kendaraan yang optimal, dan lebih ramah lingkungan.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Resposibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Jawa bagian Tengah Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho mengatakan, kualitas BBM gasoil dapat dilihat dari nilai Cetane Number (CN) setiap produk.

“Dexlite memiki CN 51 sementara Pertamina Dex CN 53. Semakin tinggi nilai CN, maka semakin tinggi juga performa yang dihasilkan oleh mesin kendaraan,” katanya, dalam keterangan pers, Selasa (19/10).

Menurut dia, produk Dex Series juga menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna, sehingga mampu membersihkan ruang mesin dari karat dan kerusakan.

“Sehingga mesin lebih awet dan bebas karat akibat pembakaran yang tidak sempurna,” tambahnya.

Selain itu, Brasto menuturkan, Dexlite dan Pertamina Dex masuk ke dalam kategori BBM ramah lingkungan, karena kandungan sulfur pada gas buang lebih rendah.

“Oleh karena itu, penggunaan produk Dex Series mampu menjaga lingkungan tetap bersih dari polusi udara,” tandasnya.

Brasto menyatakan, Pertamina terus melakukan serangkaian edukasi dan aktivasi untuk meningkatkan tingkat konsumsi BBM diesel yang berkualitas, yaitu Dex Series. Hal itu terlihat dari tingkat konsumsi yang kian meningkat dari waktu ke waktu.

“Dalam kurun waktu 1 tahun terakhir 2020 hingga 2021, ada peningkatan konsumsi Dex Series yang signifikan hingga 17 persen di Regional Jawa Bagian Tengah yang meliputi Jateng dan DIY,” jelasnya.

Peningkatan tersebut bukan hanya dari kenaikan angka konsumsi Dex Series, tapi juga dilhat secara proposional BBM jenis gasoil.

“Secara proporsi BBM gasoil, Dex Series di Regional Jawa Bagian Tengah terus alami peningkatan dalam 3 tahun terakhir, yaitu 2,9 persen pada 2019, 3,1 persen pada 2020, dan 3,3 persen pada 2021,” terangnya.

Brasto mengungkapkan, peningkatan konsumsi Dex Series seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat maupun konsumen akan penggunaan BBM yang berkualitas

. Ia pun mengimbau masyarakat semakin cerdas dan bijak untuk memilih BBM, terutama produk BBM diesel lain, yaitu Solar yang merupakan produk subsidi atau Jenis BBM Tertentu (JBT). (idy)

Baca juga: BURUAN! Promo Shopvaganza Mitra10 Berhadiah Mobil Toyota Fortuner G

Baca juga: Ini Dia Andi Putra, Bupati Kuansing yang Terjaring OTT KPK Terkait Suap Izin Perkebunan

Baca juga: Percepat Pemulihan Ekonomi BI Perpanjang, Ketentuan DP 0% untuk KPR dan KKB hingga Akhir 2022

Baca juga: Anak-anak Bisa Masuk Bioskop, Khusus Wilayah Level 1 dan 2

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved