Breaking News:

Berita Tegal

PPKM Diperpanjang hingga 1 November, Kabupaten Tegal Masih Level 3

Masih bertahannya Kabupaten Tegal di PPKM level 3 karena capaian vaksinasi Covid-19 belum memenuhi ketentuan target yang ditetapkan untuk bisa turun l

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: m nur huda
desta leila
ilustrasi berlangsungnya vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di Kabupaten Tegal beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level Covid-19 di wilayah Jawa-Bali kembali diperpanjang dua minggu kedepan atau sampai tanggal 1 November 2021.

Sesuai yang tertera dalam instruksi menteri dalam negeri (Imendagri) nomor 53 tahun 2021, di Jawa Tengah ada 20 daerah yang masih masuk kategori PPKM level 3 satu di antaranya yaitu Kabupaten Tegal.

Masih bertahannya Kabupaten Tegal di PPKM level 3 karena capaian vaksinasi Covid-19 belum memenuhi ketentuan target yang ditetapkan untuk bisa turun level dari 3 ke 2 atau bahkan ke 1.

Padahal jika dilihat dari indikator penularan kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal sudah mengalami penurunan yang cukup drastis, bahkan pada Senin (18/10/2021) nol kasus Covid-19. 

Mengutip dari Imendagri nomor 53 tahun 2021, penetapan level wilayah berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial, dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan ditambah dengan indikator capaian total vaksinasi.

Adapun capaian total vaksinasi dosis 1 dan dosis 1 lanjut usia di atas 60 tahun memiliki ketentuan.

Seperti penurunan level Kabupaten/Kota dari level tiga menjadi level dua, dengan capaian total vaksinasi dosis 1 minimal 50 persen.

Sedangkan capaian vaksinasi dosis 1 lanjut usia diatas 60 tahun minimal 40 persen.

Kriteria penurunan level Kabupaten/Kota dari level 2 menjadi level 1, dengan capaian total vaksinasi dosis 1 minimal 70 persen. Sedangkan capaian vaksinasi dosis 1 lanjut usia diatas 60 tahun minimal 60 persen.

Sementara sebelumnya, pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji menjelaskan, perkembangan vaksinasi Covid-19 dari target 1,22 juta penduduk yang menjadi sasaran vaksinasi di Kabupaten Tegal, pihaknya telah menerima 684.462 dosis vaksin. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved