Breaking News:

Berita Investasi

Presiden Jokowi Minta Pemda Tak Bikin Ruwet Perizinan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya kemudahan berusaha di daerah, sehingga nantinya akan mampu menarik banyak investor

tribunjateng/dok
Presiden Jokowi Ingin Proses Perizinan dalam Hitungan Jam 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya kemudahan berusaha di daerah, sehingga nantinya akan mampu menarik banyak investor untuk masuk ke daerah dan menggerakkan ekonomi.

"(Kemudahan berusaha-Red) Menunjukkan bahwa iklim investasi di daerah-daerah kita ini semakin baik," ujarnya, saat membuka Apkasi Otonomi Expo tahun 2021, di Istana Negara, Rabu (20/10).

Apkasi Otonomi Expo merupakan pameran yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Pameran tersebut diselenggarakan pada 20-22 Oktober 2021.

Jokowi menuturkan, perlu adanya kepastian hukum dalam kegiatan berusaha di daerah. Selain itu, perlu juga menekankan kemudahan perizinan dalam mendirikan usaha.

Saat ini, pemerintah juga telah mengembangkan Online Single Submission (OSS) berbasis risiko. Kemudahan dan kepastian tersebut diharapkan dapat munculkan usaha baru yang dapat menyerap tenaga kerja.

Bekas Gubernur DKI Jakarta itu menyebut pentingnya investasi dalam menggerakkan ekonomi di tengah pandemi covid-19 saat ini. Pandemi Covid-19 tidak hanya menciptakan krisis kesehatan, tetapi juga krisis ekonomi.

"Kita harus mulai mengaktifkan ekonomi kita, dan selalu siaga menghadapi semua hal yang tidak pasti," ujarnya.

Meski demikian, Jokowi bersyukur nilai ekspor Indonesia selama periode Januari hingga Agustus 2021 tumbuh 37,7 persen year on year sebesar 142 miliar dollar AS.

Ia meminta pemerintah daerah memanfaatkan momentum pertumbuhan ekspor tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Hampir semua negara sekarang membutuhkan komoditas-komoditas kita, sehingga jangan sampai ada daerah yang justru menghambat, membuat ruwet perizinan, tidak mendorong agar ekspor kita bisa berkembang dengan baik,” ucapnya.

Presiden meminta para kepala daerah untuk terus meningkatkan volume ekspor dengan memfasilitasi para pelaku usaha untuk agresif memanfaatkan peluang yang ada.

“Mulai didorong, produk apapun didorong untuk berani berkompetisi memanfaatkan peluang ekspor yang ada, sehingga membuat produk kita dikenal dan kompetitif di pasar global,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi menyatakan potensi pasar ekspor masih terbuka lebar, sehingga harus dimanfaatkan dengan sejumlah mitra dagang Indonesia, mulai dari Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, India, hingga Amerika Serikat.

“Peluang ini yang harus kita manfaatkan untuk mendorong komoditas kita, produk-produk kita masuk ke negara-negara yang tadi saya sebut,” tandasnya. (Kontan/Abdul Basith Bardan/Tribunnews/Taufik Ismail)

Baca juga: Anak Ini Bernama ABCDEF GHIJK Zuzu, Banyak yang Tak Percaya, Orangtua Ceritakan Kisah di Baliknya

Baca juga: Top Skor Liga Champions: Striker Ajax Sebastien Haller Kejutkan Ronaldo Messi

Baca juga: Video 450 Prajurit Yonif 410/Alugoro Blora Berangkat ke Papua Naik KRI Teluk Bintuni

Baca juga: Anggota Tim Mekanik MotoGP dari Avintia Racing Dipecat Karena Gunakan Hasil tes PCR Palsu

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved