Breaking News:

Berita Kudus

Bupati Pati Haryanto dan Jajaran Istighosah Peringati Hari Santri

Bupati Pati Haryanto bersama Sekretaris Daerah Jumani mengikuti Istighosah Peringatan Hari Santri 2021di Pendopo Kabupaten Pati

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: muslimah
Setda Kabupaten Pati
Bupati Pati Haryanto bersama jajaran Forkopimda menggelar Istighosah Peringatan Hari Santri 2021di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (21/10/2021) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto bersama Sekretaris Daerah Jumani mengikuti Istighosah Peringatan Hari Santri 2021di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (21/10/2021) malam.

Hadir pula Dandim Letkol Adi Adi Ilham Zamani, Kapolres AKBP Christian Tobing, serta tokoh agama Nahdlatul Ulama Pati.

Kegiatan istighosah dalam rangka hari santri ini dilaksanakan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Mengingat saat ini Kabupaten Pati masih mengikuti aturan PPKM Level 3, beberapa peserta istighosah mengikuti secara virtual.

“Alhamdulillah. Kita patut bersyukur, tidak terasa kita sudah memperingati hari santri sejak 2015 sampai dengan 2021 ini. Sejarah perjalanan panjang.

"Akhirnya kita setiap tahun bisa memperingati hari santri pada 22 Oktober," ucap Haryanto dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjateng.com, Jumat (22/10/2021).

Dia menyebut, kemerdekaan yang dinikmati generasi saat ini tidak terlepas dari andil besar para kiai dan santri, yang pada saat itu dipelopori oleh KH Hasyim Asy'ari.

Pemerintah menetapkan Hari Santri Nasional sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan terhadap peran santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdakaan Indonesia.

“Oleh karena itu kita hendaknya merefleksi perjalanan sejarah panjang para kiai yang sudah berjuang begitu besar. Tentunya kita harus bisa menimba ilmu kemudian juga meneruskan perjuangan beliau untuk menuju hal yang lebih baik," ungkap dia.

Haryanto berharap, nantinya generasi penerus mampu mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa ke arah yang lebih baik. 

"Untuk itu, sangat dibutuhkan hadirnya para kiai dan sesepuh dalam memberikan arahan dan ilmu yang tentunya melalui fatwa, petunjuk serta perilaku yang selalu menjadi contoh di masyarakat," pungkas dia. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved