Breaking News:

Berita Solo

Kasus KTP dan KK Palsu di Solo: Pembuat Asal Bandung, Pelaku Ikuti Jejak Mantan Suami 

Kasus pembongkaran produksi dan penjualan KTP dan KK palsu yang diungkap Satreskrim Polresta Solo memunculkan fakta baru. 

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/MUHAMMAD SHOLEKAN
Penyidik Satreskrim Polresta Solo saat menunjukkan barang bukti KTP dan KK palsu yang digunakan untuk melakukan pinjaman di bank, Senin (18/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Kasus pembongkaran produksi dan penjualan KTP dan KK palsu yang diungkap Satreskrim Polresta Solo memunculkan fakta baru. 

Diketahui, Satreskrim Polresta Solo mengamankan 2 perempuan, yaitu F yang merupakan pemesan dan seorang biro pembuat KTP palsu asal Bandung, Jawa Barat berinisial W. 

Kasatreskrim Polresta Solo, AKP Djohan Andika mengungkapkan, pelaku W sudah sejak lama bergelut di dunia produksi KTP dan KK palsu. 

"Jadi dia awalnya bareng (mantan, red) suami memroduksi itu.

Setelah selesai, pelaku W ini meneruskan untuk memenuhi kebutuhan hidup," ucap Djohan saat dikonfirmasi, Jumat (22/10/2021). 

Terkait mengenai adanya sindikat atau jaringan dari tersangka W, Djohan mengaku masih mendalami berbagai keterangan. 

"Belum mengarah ke sana. Namun yang pasti pelaku W ini belajar membuat KTP dan KK palsu dari mantan suaminya," tuturnya. 

Dari pemeriksaan yang dilakukan, menurut Djohan, tersangka membuka jasa pembuatan kartu identitas diri itu melalui internet. 

Sehingga, penggunanya juga berasal dari wilayah lain. 

"Termasuk pelaku F yang kami amankan ini. Dia berasal dari Solo. Dia menggunakan jasa W untuk membuat kartu identitas dan digunakan untuk mengajukan pinjaman di salah satu bank di Kota Solo," terangnya. 

Perwira pertama itu menjelaskan, dari pengakuan W, dia telah 2 tahun terakhir melakoni jasa pembuatan kartu identitas palsu. 

"Saat ini, masih kami dalami. Sudah ada berapa orang yang dibuatkan kartu identitas palsu tersebut," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved