Breaking News:

FMIPA Unnes

KWU FMIPA UNNES dan Dinkop Kab Demak Gelar Pelatihan dan Pembinaan Kelompok Usaha Terasi

KWU FMIPA UNNES Bersama Dinas Koperasi Kabupaten Demak Gelar Pelatihan Pemasaran dan Pembinaan Kelompok Usaha Terasi.Jumat (17/9)

Editor: abduh imanulhaq
FMIPA UNNES
KWU FMIPA UNNES Bersama Dinas Koperasi Kabupaten Demak Gelar Pelatihan Pemasaran dan Pembinaan Kelompok Usaha Terasi, Jumat (17/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Tim Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan (KWU) Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang (Unnes) bersama Dinas Koperasi Kabupaten Demak menggelar pelatihan pemasaran dan pembinaan bagi kelompok usaha terasi melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

Kegiatan yang berlangsung Jumat (17/9/2021) pukul 08.30 WIB itu digelar di Aula Balai Desa Morodemak.

Hadir Zakki Helmiawan S.E. selaku perwakilan dari Dinas Koperasi Kabupaten Demak.

Acara ini disambut hangat oleh perangkat desa dan juga anggota Kelompok Usaha Terasi (KUT) lain.

Dosen pembimbing tim PHP2D KWU FMIPA Unnes juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Pendamping tim PHP2D KWU FMIPA, Endah Fitriani Rahayu, S. Si., M. Sc. menyampaikan program pemasaran yang akan lebih dikembangkan bersama Dinas Koperasi guna menembus pasar yang lebih luas.

Adapun Zakki menyampaikan pembinaan seperti ini diperlukan guna mengembangkan pemasaran suatu kelompok usaha.

Banyak dari anggota kelompok usaha terasi yang belum paham terkait keunggulan kelompok usaha bersama dan cara pengorganisasian.

Strategi Pemasaran kepada Kelompok Usaha Terasi (KUT) sangat ditekankan pada penyampaian materi oleh Dinas Koperasi.

Kelompok Usaha Terasi dapat mengetahui apa saja yang perlu dilakukan agar pemasaran terasi udang rebon dapat mencapai target yang diinginkan.

"Kami menginformasikan dalam suatu kelompok yang sudah terbentuk perlu dibentuk suatu legalitas hukum agar suatu kelompok usaha menjadi sebuah koperasi," terang Zakki.

Menyangkut pembuatan badan hukum itu, disepakati akan dilakukan Tim PHP2D KWU FMIPA Unnes bekerja sama dengan Dinas Koperasi.

“Tujuan kehadiran Tim PHP2D UKM KWU FMIPA Unnes yaitu memberikan dampak positif serta dapat membantu masalah kelompok di Desa Morodemak terutama di bidang pemasaran,” jelas Endah.

Harapan dari pelatihan ini, Kelompok Usaha Terasi (KUT) mampu memasarkan hasil olahan udang rebon yaitu terasi untuk menambah penghasilan dan meningkatkan ekonomi di Desa Morodemak.

Selepas kegiatan ini, akan dilakukan tindak lanjut program berupa monitoring dan evaluasi kelompok guna meningkatkan kegiatan serta memperbaiki perencanaan untuk masa mendatang. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved