Breaking News:

Berita Kebumen

Masih Keturunan Aroengbinang V, Bupati Kebumen Dapat Gelar Kanjeng Raden Arya dari Keraton Solo

Pihak Keraton Surakarta memberikan gelar kehormatan kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
HUMAS SETDA KEBUMEN
Keraton Surakarta Hadiningrat memberikan gelar kehormatan kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Sebagai Santana Riya Nginggil dengan dengan gelar Kanjeng Raden Arya Arif Sugiyanto Wreksonagoro, Kamis (21/10/2021) 

TRIBUNBANYUMAS. COM, KEBUMEN - Pihak Keraton Surakarta Hadiningrat memberikan gelar kehormatan kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto sebagai Santana Riya Nginggil dengan dengan gelar Kanjeng Raden  Arya Arif Sugiyanto Wreksonagoro. 

Pemberian gelar tersebut berbarengan dengan acara Tetepan Paguyuban kawula Karaton Surakarta Hadiningrat (PAKASA) cabang Kebumen dan Launching Grebeg Maulid 1443 H di Pendopo rumah Dinas Bupati Kebumen, kemarin Kamis (21/10/2021) 

Bupati diangkat jadi Sentono Dalam (keluarga raja) atau keluarga keraton, karena secara silsilah masih memiliki garis keturunan dengan Adipati Kebumen, yakni Aroengbinang V yang merupakan keturunan dari bangsawan Keraton Surakarta.

Pemberian gelar tersebut dihadiri langsung oleh Pangarsa atau Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta,  Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Koes Moertiyah Wandansari (Gusti Moeng) bersama suami dan para abdi Kraton Surakarta.

"Alhamdulillah ini merupakan kehormatan meskipun gelar diberikan kepada saya karena masih ada garis keturunan, "katanya, Jumat (22/10/2021) 

Bupati menyambut baik kedatangan keluarga Keraton Surakarta. Kehadiran mereka membawa arti, sejak dulu Kebumen punya hubungan erat dengan Keraton Surakarta atau Mataram Islam.

Bahkan, para pendiri Kebumen adalah keturunan dari Keraton Mataram.

"KRT Aroengbinang I atau Kiai Hanggawangsa merupakan Keturunan Keraton Mataram. Jadi Kebumen dengan Surakarta ini sebenarnya punya nilai historis yang tak terpisahkan,"ujar Bupati.

Bahkan, jauh sebelum Aroengbinang IV Bupati Kebumen pertama, kata Bupati, Kebumen juga punya tokoh Ki Bagus Bodronolo,  putra Ki Maduseno (Madusena), yang merupakan cucu dari Penembahan Senopati, pendiri kesultanan Mataram Islam.

Ki Bodronolo merupakan Adipati Panjer Pertama atau cikal Bakal Kebumen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved