Breaking News:

Berita Kendal

Pemkab Kendal Genjot Tumbuhnya UMKM Pesantren, Tiap Pondok Punya Satu Produk Unggulan

Pemerintah Kabupaten Kendal terus menggenjot pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di lingkungan pondok pesantren.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
Sejumlah santri Kendal memperkenalkan produk karya UMKM pesantren kepada Bupati Kendal Dico M Ganinduto dalam acara peringatan Hari Santri Nasional, Jumat (22/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal terus menggenjot pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di lingkungan pondok pesantren.

Nantinya, setiap pesantren yang ada di Kabupaten Kendal diharapkan memiliki satu produk hasil kreatifitas santri yang bisa dikembangkan dan dijual ke masyarakat umum.

Ustazah di Pondok Pesantren Darul Muqorrobin Kendal, Dewi Azzahro mengatakan, program yang dicanangkan Pemerintah Kendal disambut baik dengan beberapa karya tangan santrinya.

Baca juga: Pinjol yang Bikin Ibu di Wonogiri Gantung Diri Ditangkap, Terungkap Cara Mereka Meneror Siang Malam

Baca juga: Bupati Pati Haryanto dan Jajaran Istighosah Peringati Hari Santri

Baca juga: Taman Indonesia Kaya Semarang Mulai Dikunjungi Masyarakat

Kata dia, sudah 3 tahun berjalan santri-santri Ponpes Darul Muqorrobin menuangkan keterampilannya dalam bentuk produk asesoris.

Para santri memanfaatkan sampah plastik yang disulap menjadi berbagai produk kerajinan seperti tas, dompet, kotak tissu, dan beberapa produk asesoris lainnya.

Dewi dan pengasuh pondok memberikan kesempatan kepada semua santri untuk mengasah skill masing-masing di sela-sela waktu belajar dan mengaji.

"Sudah ada banyak produk yang berhasil dikerjakan. Sudah dijual ke beberapa daerah juga melalui wali santri. Harganya mulai dari Rp 10.000 hingga ratusan ribu rupiah," terangnya, Jumat (22/10/202).

Selain itu, kata Dewi, santrinya juga membuat beberapa karya lain dalam bentuk olahan masakan, dan sablon baju yang masih dirintis.

"Kami apresiasi upaya Bupati Kendal dalam mendukung perkembangan ekonomi santri," ujarnya.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menerangkan, pemerintah membutuhkan semangat dan kreatifitas santri dalam memajukan ekonomi daerah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved