Breaking News:

Guru Berkarya

Peningkatan Mutu Sekolah melalui Pendekatan Kolaboratif Kepala Sekolah

Pertumbuhan dan perkembangan pengetahuan merupakan tahapan pada proses alamiah manusia.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Kasmoin SPdSD, Kepala SDN Candi Kec Bandar Kab Batang 

Oleh: Kasmoin SPdSD, Kepala SDN Candi Kec Bandar Kab Batang

PERTUMBUHAN dan perkembangan pengetahuan merupakan tahapan pada proses alamiah manusia. Pertumbuhan dan perkembangan itu dapat diperoleh manusia melalui proses pembelajaran.

Proses pembelajaran terbagi menjadi pembelajaran non formal, informal dan formal. Pada proses pembelajaran yang didapatkan dari pendidikan formal, manusia memperolehnya melalui lembaga pendidikan yaitu sekolah.

Jenjang pendidikan formal yaitu sekolah bervariasi mulai dari pendidikan anak usia dini sampai dengan pendidikan tinggi. Syamsu Yusuf (2001: 54) menjelaskan sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang secara sistematis melaksanakan program bimbingan, pengajaran, dan latihan dalam rangka membantu siswa agar mampu mengembangkan potensinya, baik yang menyangkut aspek moral, spiritual, intelektual, emosional, maupun sosial..

Sekolah juga merupakan bagian integral dari suatu masyarakat yang berhadapan dengan kondisi nyata yang terdapat dalam masyarakat pada masa sekarang. Sekolah juga merupakan lingkungan kedua tempat anak-anak berlatih dan menumbuhkan kepribadiannya.

Setiap lembaga pendidikan sekolah memiliki tujuan dan program yang di kendalikan oleh seorang leader atau kepala sekolah. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab mengelola berbagai program dan kegiatan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan.

Kepala sekolah adalah pemimpin dan manajer yang sangat menentukan dinamika sekolah menuju gerbang kesuksesan dan kemajuan di segala bidang kehidupan. Kapasitas intelektual, emosional, spiritual dan sosial kepala sekolah berpengaruh besar terhadap efektifitas kepemimpinannya. Kedalaman ilmu, keluasan pikiran, kewibawaan dan relasi komunikasinya membawa perubahan signifikan dalam manajemen sekolah.

Wahjosumidjo (2005: 83) mendefinisikan kepala sekolah adalah seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat dimana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid sebagai penerima pelajaran. Sekolah dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien, maka kepala sekolah harus melaksanakan fungsi-fungsi manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemberian motivasi, pelaksanaan, pengorganisasian pengendalian, evaluasi dan inovasi.

Kepala sekolah yang baik diharapkan akan membentuk pelaksanaan pembelajaran yang baik pula. Jika pembelajaran di sekolah baik tentunya akan menghasilkan prestasi yang baik pula baik siswanya maupun gurunya.

Mulyasa (2007: 24) turut menjelaskan bahwa kepala sekolah adalah salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala sekolah adalah penanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga pendidikan lainnya, pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana juga sebagai supervisor pada sekolah yang dipimpinnya.

Kepala Sekolah bisa dikatakan sebagai jenjang karier dari jabatan fungsional guru. Apabila seorang guru memiliki kompetensi sebagai kepala sekolah dan telah memenuhi persyaratan atau tes tertentu maka guru tersebut dapat memperoleh jabatan kepala sekolah.

Mandat menjadi seorang kepala sekolah yang diserahkan kepada penulis di SD Negeri Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang menjadi prioritas tersendiri yang telah dilaksanakan secara optimal. Sebagai kepala sekolah, penulis selalu berusaha untuk mengurai dan menjalankan kompleksitas tugas kepala sekolah agar berjalan sesuai dengan visi misi sekolah yang telah disepakati dan ditetapkan bersama serta sesuai dengan regulasi pemegang kebijakan.

Penulis selaku kepala sekolah telah menerapkan berbagai kebijakan yang dapat diterima semua pihak baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya mutu sekolah sesuai dengan arah yang diharapkan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved