Breaking News:

Guru Berkarya

Peran Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Budaya Literasi

Salah satu indikator kemajuan bangsa dapat dilihat dari minat masyarakat dari bangsa tersebut terhadap literasi.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Jariyo SPdSD, Kepala SDN Pakis Kabupaten Pati 

Oleh: Jariyo SPdSD, Kepala SDN Pakis Kabupaten Pati

KEMAJUAN sebuah bangsa dapat dinilai dari berbagai indikator. Salah satu indikator kemajuan bangsa dapat dilihat dari minat masyarakat dari bangsa tersebut terhadap literasi.

Dalam konteks Indonesia, minat literasi kita masih tergolong rendah, tak terkecuali di kalangan pelajar. Sekolah yang menjadi lembaga pendidikan formal memiliki peran yang sangat vital dalam mengembangkan budaya literasi.

Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik mempengaruhi tingkat keberhasilan baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Menurut Baynhan (1995) menyebut bahwa “Reading is the heart of education”. Hal tersebut menuntut sekolah memberikan perhatian yang besar dalam pengembangan literasi. Pengembangan literasi di sekolah merupakan tugas dari seluruh komponen yang ada di sekolah.

Kepala sekolah adalah seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah tempat terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Dengan melihat penjelasan mengenai pengertian kepemimpinan dan kepala sekolah tersebut, dapat ditarik suatu maksud bahwa kepemimpinan kepala sekolah adalah kemampuan kepala sekolah untuk memimpin, menggerakkan, melakukan koordinasi, atau mempengaruhi para guru dan segala sumber daya yang ada di sekolah sehinga dapat didayagunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dalam perspektif kebijakan pendidikan nasional terdapat tujuh peran kepala sekolah yaitu : pendidik, manajer, administrator, supervior, leader, innovator; dan motivator.  Berdasarkan peran kepala sekolah tersebut, maka kepala sekolah memiliki peran yang besar dalam menentukan mutu sekolah dan segala aspek dalam kehidupan sekolah terutama dalam pembentukan budaya yang ada di sekolah. Oleh karena itu kepala sekolah adalah elemen yang paling berpengaruh dalam pengembangkan literasi sebagai budaya di sekolah

Program khusus literasi merupakan salah satu program yang sudah dicanangkan oleh kepala sekolah bersama dewan guru di SD Negeri Pakis Kabupaten Pati. Program ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa di bidang literasi.

Secara umum program ini memiliki dua bentuk yaitu program peningkatan minat tulis dan program peningkatan minat baca. Adapun beberapa program khusus literasi yang menjadi kebijakan Kepala Sekolah di SD Negeri Pakis Kabupaten Pati.

Pertama, Perpustakaan mini dan program baca. Perpustakaan mini ini diwajibkan ada di setiap kelas. Perpustakaan kelas dibuat dengan tujuan menunjang kegiatan membaca mandiri. Isinya berupa buku-buku cerita atau bahan cetakan lainnya, seperti koran atau majalah anak-anak yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Kedua, Kurikulum Baca. Pada program kurikulum baca ini, siswa diwajibkan meminjam dan membaca buku di perpustakaan sekolah. Siswa membaca buku sesuai dengan minatnya kemudian siswa membuat ringkasan atau review terhadap hasil bacaannya.

Ketiga, Berpartisipasi dalam lomba literasi. kepala sekolah menfasilitasi siswa dalam mengikuti berbagai lomba literasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan potensi siswa agar dapat terus berkembang dan tersalurkan sesuai dengan bakat dan minatnya.

Sebagai simpulan akhir, peran kepala sekolah dalam menumbuhkan budaya literasi sangatlah penting. Kepala sekolah harus mempunyai inovasi dalam merencanakan program program sekolah.

Salah satu program yang dilakukan di SD Negeri Pakis Kabupaten Pati adalah membuat program khusus literasi. Dengan program ini budaya literasi di lingkungan sekolah bisa meningkat sebesar 78% yang bisa dibuktikan dengan jumlah pengunjung perpustakaan yang mengalami peningkatan serta budaya tulis siswa melalui pembuatan buku resume yang dikumpulkan pada tiap akhir bulan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved