Breaking News:

Guru Berkarya

Belajar Zat dan Karakteristiknya Lebih Asyik dengan Flashcard

IPA merupakan mata pelajaran yang membahas tentang mahluk hidup dan alam semesta.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Suprihatin SPd, Guru SMP Satu Atap Rogoselo Kabupaten Pekalongan 

Oleh: Suprihatin SPd, Guru SMP Satu Atap Rogoselo Kabupaten Pekalongan

ILMU Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang membahas mahluk hidup dan alam semesta. Hal tersebut didukung dengan pernyataan yang disampaikan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) bahwa salah satu tujuan mata pelajaran IPA yaitu memberikan kompetensi kepada siswa agar mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam memahami hakikat mahluk hidup, alam dan seluruh isinya untuk digunakan dalam pengembangan pengetahuan dan tehnologi.

Materi IPA kelas 7 membahas tentang zat dan karakteristiknya. Materi ini dijabarkan secara rinci pada Kompetensi Dasar (KD) 3.3 Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari

Permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran IPA kelas 7 di SMP Satu Atap Rogoselo Kabupaten Pekalongan antara lain kurangnya kreativitas dalam pembelajaran. Aktivitas pembelajaran di kelas masih belum menggunakan metode pembelajaran yang inovatif.

Media pembelajaran juga masih jarang digunakan sebagai alat untuk mendukung penyampaian materi. Hal ini mengakibatkan siswa pasif dan kurang bersemangat mengikuti pembelajaran. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar yang tidak mencapai ketuntasan minimum.

Untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan memilih media pembelajaran yang menarik dengan tujuan untuk bisa mengaktifkan suasana kelas sebagai ruang ilmu bagi siswa.

Menurut Windura (2010:45), media flashcard atau kartu kilas adalah kartu yang digunakan untuk mengingat dan mengkaji ulang dalam proses belajar. Jadi, media flashcard merupakan media yang membantu dalam mengingat dan mengkaji ulang bahan pelajaran seperti: definisi atau istilah simbol-simbol.

Ada beberapa langkah pembelajaran dengan menggunakan media flashcard. Pertama, guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, dilanjutkan dengan membagi lima kelompok siswa secara acak.

Kedua, guru akan membagikan sebuah flashcard. Setiap kelompok siswa mendapat kesempatan mengamati flashcard yang diberikan dan harus menganalisa jenis jenis zat dan karakteristiknya. Hasil analisis yang didapat dibuat rangkuman materi yang menjadi building knowledge of the field. Setiap kelompok siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi tentang jenis zat dan karakteristiknya.

Ketiga, siswa mengamati dan menyimak video presentasi yang ditayangkan untuk mengumpulkan informasi tentang contoh jenis jenis zat dan karakteristiknya. Setiap kelompok mencatat apa yang mereka lihat dan simak serta mendiskusikan dalam kelompoknya masing-masing.

Kemudian guru mengarahkankan siswa mengolah informasi untuk menemukan suatu konsep materi. Ketika satu kelompok maju presentasi, kelompok peserta akan mengamati penjelasan materi dari nkelompok presentasi dengan mengisi format lembar kerja siswa yang dibuat guru. Guru akan memberikan umpan balik dan menyimpulkan pembelajaran yang telah diperoleh dan ditutup dengan evaluasi bersama.

Keberhasilan suatu proses pembelajaran ditunjukkan oleh hasil belajar siswa. Dari hasil pembelajaran IPA KD.3.3 tentang jenis jenis zat dan karakteristiknya di SMP Satu Atap Rogoselo Kabupaten Pekalongan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media Flashcard.

Hal ini ditujukan pada hasil perhitungan persentase rata rata nilai kelas dalam penilaian harian yang biasa mencapai angka ketuntasan hingga 88,53 %. Selain itu pembelajaran menjadi lebih bermakna. Siswa bisa menemukan konsep materi dengan cara mengamati berbagai contoh jenis zat dan karakteristiknya serta mendiskusikanya dengan siswa lain. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved