Breaking News:

Berita Pati

Bupati Pati Haryanto Ziarahi Makam Gus Hasyim, Sosok Santri Pahlawan Kemerdekaan

Bupati Pati Haryanto beserta jajaran Forkopimda ziarahi pusara Muhammad Hasyim.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto beserta jajaran Forkopimda, tokoh agama, dan perwakilan santri menziarahi pusara Muhammad Hasyim di Taman Makam Pahlawan Giri Dharma, Jumat (22/10/2021) sore.

Muhammad Hasyim yang karib disapa Gus Hasyim ini merupakan pahlawan perang pascakemerdekaan dari kalangan santri asal Pati.

Ia lahir pada 1929 dan wafat pada 1949. Gus Hasyim yang merupakan putra dari Mahfudh Salam Kajen (wafat 1944) ini malang melintang dalam peperangan melawan Agresi Belanda I dan II.

Ia termasuk santri yang menyambut seruan resolusi jihad dari Rais Akbar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

Adapun kegiatan ziarah ke makam Gus Hasyim dilakukan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021.

Ziarah dilakukan usai Apel Peringatan HSN 2021 di pelataran Taman Makam Pahlawan.

“Ini mengingatkan kita bersama bahwa kita harus meneruskan perjuangan para ulama dan kiai yang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Perjuangan para pahlawan cukup panjang. Saat ini Indonesia harus bersatu, jangan tercerai-berai,” kata Bupati Haryanto.

Ia berpesan, momen hari santri harus jadi pelecut persatuan dan semangat juang.

“Saat ini kita menikmati perjuangan para pendahulu. Perjuangan dulu dalam bentuk melawan penjajah, sekarang kita harus bisa melawan radikalisme dan segala yang memecah belah umat dan bangsa,” kata dia.

Haryanto berharap, para kiai dan santri bisa senantiasa memberi teladan yang baik pada masyarakat. Sehingga bisa selalu menjadi panutan masyarakat luas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved